Evaluasi SPBE 2024 Masuk Tahap Penilaian Interviu

20241014 Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 20242Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PANRB Cahyono Tri Birowo saat membuka kegiatan penilaian interviu yang dilaksanakan secara daring, Senin (14/10).   JAKARTA – Evaluasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada instansi pemerintah, memasuki tahap...

Kementerian PANRB Raih Penghargaan di Acara Puncak HKJS 2024

20241014 Kementerian PANRB Raih Penghargaan di Acara Puncak HKJS 2024 1Kementerian PANRB menerima penghargaan dalam Acara Puncak HKJS 2024, di Jakarta, Minggu (13/10).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyabet penghargaan sebagai kementerian/lembaga yang menyelenggarakan layanan kesehatan jiwa di tempat kerja. Penyerahan apresiasi tersebut dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam acara puncak Hari Kesehatan Jiwa...

Alami Tren Kenaikan, Menteri Anas Apresiasi Reformasi Birokrasi di Kemenko Marvest

20241010 Penguatan Reformasi Birokrasi dengan Menko Marves2 Menko Marvset Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat rapat Kementerian PANRB bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, di Jakarta, Kamis (10/10).   JAKARTA – Nilai reformasi birokrasi Kementerian Koordinatpor Bidang Kemaritiman dan Investasi mengalami perbaikan dari tahun ke tahun. Upaya perbaikan berlekanjutan itu diapresiasi oleh Menteri Pendayagunaan...

Diseminasi Pelayanan Publik, Instansi Pemerintah Belajar Prospek dan Strategi Praktik Terbaik

20241007 Diseminasi Praktik Terbaik Pelayanan Publik 1 Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Abdul Hakim dalam Diseminasi Praktik Terbaik Pelayanan Publik di Jakarta, Senin (07/10).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah merumuskan sejumlah kebijakan peningkatan kualitas pelayanan publik. Namun, dalam implementasinya, masih perlu perbaikan-perbaikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk...

Wujudkan Pelayanan Prima pada Perwakilan RI, Kementerian PANRB Lakukan Evaluasi di KBRI di Den Haag

20241015 PEKPPP KBRI Den Haag 3Pendampingan PEKPPP di Kedutaan Besar RI di Den Haag, Belanda, beberapa waktu lalu.   DEN HAAG – Penyelenggaraan pelayanan publik harus dapat dirasakan manfaatnya secara menyeluruh oleh seluruh masyarakat, termasuk bagi diaspora Indonesia. Untuk menjamin hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan pendampingan pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi...

Diseminasikan Capaian, Kementerian PANRB Gelar Forum Diskusi Reformasi Birokrasi

20241010 Diseminasikan Capaian Kementerian PANRB Gelar Forum Diskusi Reformasi Birokrasi   JAKARTA – Reformasi birokrasi menjadi salah satu prioritas utama yang terus dikembangkan oleh pemerintah. Tantangan utama dari reformasi birokrasi adalah untuk menciptakan birokrasi yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan zaman. Menyadari hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dibawah kepemimpinan Menteri Abdullah Azwar Anas telah...

ASN yang Pasangannya Maju Pilkada Wajib Jaga Netralitas!

20241007 ASN yang Pasangannya Maju Pilkada Wajib Jaga NetralitasMenteri PANRB Abdullah Azwar Anas   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta aparatur sipil negara (ASN) tetap menjaga netralitas saat perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 yang saat ini memasuki masa kampanye, tak terkecuali bagi ASN yang pasangannya maju ke dalam...

Lantik Deputi Bidang Pelayanan Publik, Menteri PANRB: Bangun Sinergi dan Pastikan Dampak Layanan Publik Dirasakan Masyarakat

20241011 Pelantikan Deputi Bidang Pelayanan Publik 3Prosesi pelantikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Otok Kuswandaru, Jumat (11/10).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas resmi melantik Otok Kuswandaru sebagai Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB. Pada kesempatan itu, Anas menekankan pentingnya peran Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB...

'Soft Launching' 22 MPP, Menteri Anas Dorong Peningkatan Jumlah MPP di Daerah

20241008 MENTERI Gebyar Pelayanan Prima 20 JAKARTA – Mal Pelayanan Publik (MPP) telah bertambah sebanyak 22 seiring dengan dilakukannya soft launching oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas secara serentak. Diharapkan, dengan penambahan jumlah MPP baru tersebut, dapat memotivasi daerah lainnya untuk terus mengintegrasikan layanannya melalui MPP. “Telah terbentuk 208 MPP fisik...

Pimpin Rapat KPRBN, Wapres Sampaikan Arahan Strategis Terkait Reformasi Birokrasi

20241007 Rapat Bersama KPRBN 1Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan arahan pada rapat KPRBN di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (07/10).    JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin sebagai Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) memimpin rapat KPRBN di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (07/10). Dalam arahannya, Wapres meminta...

Strategi Paradoks: Anti Mainstream Bureaucracy Ala Menteri Anas

20241010 Forum Diskusi Kinerja Reformasi Birokrasi Indonesia dan Peluncuran Buku Anti Mainstream Bureaucracy 1 Suasana Forum Diskusi Kinerja Reformasi Birokrasi Indonesia, dan Peluncuran Buku "Anti Mainstream Bureaucracy" , di Jakarta, Kamis (10/10).   JAKARTA – Dalam menyelesaikan birokrasi yang kaku, berbelit, dan rigid, dibutuhkan pola berpikir yang out of the box untuk melawan arus tata kelola pemerintahan. Melalui buku 'Anti Mainstream Bureaucracy’ Menteri Pendayagunaan Aparatur...

Beri Penghargaan Pelayanan Publik, Menteri Anas: Tren IPP Naik, Layanan Diharapkan Lebih Berdampak

20241008 MENTERI Gebyar Pelayanan Prima 3Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta, Selasa (08/10).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan penghargaan pelayanan publik atas hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik lingkup kementerian/lembaga, pembinaan pelayanan publik ramah kelompok rentan tingkat kementerian/lembaga, serta Pemantauan...

Kementerian PANRB Apresiasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik melalui Gebyar Pelayanan Prima

20241007 DEP YANLIK Gebyar Pelayanan Prima Gebyar Pelayanan Prima “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif” JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengadakan Gebyar Pelayanan Prima sebagai bentuk apresiasi atas peningkatan pelayanan publik. Acara yang bertajuk “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif” ini akan digelar pada Selasa, 8 Oktober...