Pastikan Pelayanan Publik Responsif, Wamen PANRB Visitasi Bandara Soekarno-Hatta

20250912 Visitasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kebandarudaraan di Bandara Soekarno Hatta12 Visitasi layanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (12/09/2025).   JAKARTA – Sektor kebandarudaraan menjadi etalase wajah negara di mata dunia, oleh sebab itu pelayanan yang dihadirkan harus cepat, inklusif, dan responsif. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berperan melakukan penguatan tata kelola, melakukan pembinaan pelayanan publik, tata kelola Sumber Daya...

Wamen PANRB Sampaikan Bekal Kepemimpinan untuk Para Alumni PKN I LAN

20250911 Pelepasan Peserta PKN Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2025 7 Wakil Menteri PANRB Purwadi Arianto saat memberikan sambutan pada  Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2025, di Jakarta, Kamis (11/9/2025).   JAKARTA – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto menghadiri Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I...

Proteksi Wilayah Pesisir, Kementerian PANRB Dukung Penguatan BOP Pantura Jawa

20250908 Rapat Kelembagaan Badan Otorita Pengelola Pantura Jawa 1 Suasana Rapat Kelembagaan Badan Otorita Pengelola (BOP) Pantai Utara Jawa, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Senin (08/09/2025).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) turut mendukung pembangunan Giant Sea Wall (GSW) yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). GSW merupakan proyek berbasis infrastruktur yang menekankan pada aspek...

Pemerintah Percepat Pemenuhan Hak ASN yang Wafat dalam Tragedi Pembakaran Gedung DPRD Makassar

20250831 Pemerintah Percepat Pemenuhan Hak ASN yang Wafat dalam Tragedi Pembakaran Gedung DPRD Makassar 1 Menteri Rini dalam Rapat Koordinasi dengan Pemkot Makassar, Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Dalam Negeri, Pemprov Sulsel dan PT Taspen, secara daring, Sabtu (30/8/2025).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mempercepat pemenuhan hak aparatur sipil negara (ASN) yang wafat dalam tragedi pembakaran Gedung DPRD Kota Makassar...

Menteri PANRB Sampaikan Strategi Ketahanan Digital Pemerintah Pada Digital Resilience Summit 2025

20250910 Digital Resilience Summit 2025 5 Menteri PANRB Rini Widyantini saat menjadi keynote speech pada Digital Resilience Summit 2025 di Kantor INA Digital, Jakarta, Rabu (10/9/2025).   JAKARTA - Dalam membangun ketahanan digital, ada sejumlah tantangan nyata yang harus dijawab. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini menyampaikan tantangan tersebut yaitu tuntutan masyarakat terhadap...

Bangun ASN yang Kompeten, ASN Transportasi Udara Harus Memiliki Mindset Perubahan

20250908 Rapat Koordinasi Teknis Kementerian Perhubungan Tahun 2025 9Menteri PANRB Rini Widyantini dalam Rakornis Kementerian Perhubungan 2025, di Jakarta, Senin (8/9/2015).   JAKARTA – Aparatur Sipil Negara (ASN) transportasi udara harus memiliki mindset perubahan, menguatkan kompetensi digital yang humanis, membangun budaya kerja modern, serta memperkuat integrasi data. Dengan begitu, birokrasi bisa lebih lincah, responsif, dan dipercaya sebagai motor penggerak...

Pernyataan Menteri PANRB atas Wafatnya ASN dalam Tragedi Pembakaran Gedung DPRD di Makassar

20250830 Pernyataan Duka Cita Gugurnya ASN di Makassar 2 Pernyataan Sikap Kementerian PANRB atas Meninggalnya ASN pada Insiden Pembakaran Gedung DPRD Kota Makassar pada Jumat (29/8/2025). JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya 3 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam peristiwa tragis pembakaran Gedung DPRD Makassar pada aksi demonstrasi...

Kementerian PANRB Pastikan Tata Kelola Efektif dalam Pembentukan Kementerian Haji dan Umrah

20250909 Rapat Kelembagaan Kementerian Haji dan Umroh 1Suasana rapat membahas pembentukan Kementerian Haji dan Umrah bersama Wakil Menteri Sekretaris Negara Bambang Eko Suhariyanto, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (9/9/2025).   JAKARTA – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto mengikuti rapat pembahasan pembentukan Kementerian Haji dan Umrah bersama Wakil Menteri Sekretaris Negara...

Aspirasi Masyarakat Jadi Instrumen Utama Dalam Perbaikan Pelayanan Publik

20250904 Kick Off Meeting Pelayanan Publik1 JAKARTA – Salah satu instrumen penting dalam upaya perbaikan pelayanan publik adalah dengan mendengarkan aspirasi masyarakat, yang diperoleh dari berbagai survey maupun saran dan kritik dari masyarakat. Karena keberhasilan pemerintah dalam melayani masyarakat sangat ditentukan oleh sejauh mana layanan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan, harapan, serta menjamin akses yang setara...

Tindak Lanjut Proses Aksesi OECD, Kementerian PANRB Menggelar Rapat Persiapan Technical Review Initial Memorandum Bidang Tata Kelola Publik

20250830 Rakor Memorandum1 JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berupaya mengakselerasi aksesi keanggotaan Indonesia dalam Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD). Salah satunya dengan mengoordinasikan kementerian/lembaga untuk proses menjelang technical review oleh OECD. Sekretaris Kementerian PANRB, Reni Suzana, menjelaskan reviu Initial Memorandum (IM) untuk tata kelola publik merupakan...

Izin Tenaga Kesehatan dan Medis Kini Lebih Cepat Melalui MPP Digital Nasional

20250909 Penandatanganan Keputusan bersama Penyelenggaraan Perizinan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan9Menteri PANRB Rini Widyantini dalam acara Penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Perizinan Tenaga Medis dan Kesahatan Melalui MPP Digital Nasional, di Jakarta, Selasa (09/9/2025).   JAKARTA – Perizinan tenaga medis dan tenaga kesehatan kini lebih dipermudah melalui Mal Pelayanan Publik Digital Nasional. Tenaga medis dan Kesehatan bisa mengurus perizinan secara digital tanpa...

Lima Desain Pelayanan Prima Jadi Fokus Evaluasi Pelayanan Publik 2025

Lima Desain Pelayanan Prima Jadi Fokus Evaluasi Pelayanan Publik 2025 Kick Off Meeting Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di lingkup K/L secara daring pada Senin (1/9/2025).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menyelenggarakan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP). Tahun ini, evaluasi pelayanan publik didasarkan pada lima desain pelayanan prima dalam implementasi pelayanan...

Perluas Layanan Publik, Kementerian PANRB Dorong Pemda Optimalkan MPP Digital

20250830 Bimtek MPP Suasana kegiatan Bimbingan Teknis Piloting MPP Digital versi Terbaru, di Jakarta, Jumat (29/08/2025).   JAKARTA - Transformasi digital semakin dipercepat oleh pemerintah termasuk dalam sektor pelayanan publik, salah satunya melalui penerapan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital. Langkah ini dilakukan untuk pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman bagi masyarakat....