(+6221) 7398381 - 89   halomenpan@menpan.go.id

38 Pemda Siap Bangun Mal Pelayanan Publik

20210125 Audiensi Virtual Wali Kota Tangerang 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.   JAKARTA – Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) semakin gencar di berbagai kota dan kabupaten. Rencananya, sebanyak 38 kepala daerah akan melakukan penandatanganan komitmen penyelenggaraan MPP bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Penandatanganan tersebut dilakukan pada Selasa...

Penyempurnaan UU Pelayanan Publik Masuk Daftar Prolegnas

20210301 Diskusi Virtual Perkembangan Perubahan UU Pelayanan Publik 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Diskusi Virtual terkait Perkembangan Perubahan UU Pelayanan Publik, Senin (01/03).   JAKARTA – Usia UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik sudah menginjak 11 tahun, dan butuh penyempurnaan. Dukungan atas penyempurnaan itu dilakukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, dengan masuknya rancangan perubahan...

Dewan Pengawas Tim Koordinasi SPBE Nasional Gelar Rapat Percepatan Penerapan SPBE

20210226 apat Koordinasi SPBE Nasional Tingkat Pejabat Pimpinan Tinggi Madya 2   JAKARTA – Para Perwakilan Tim Koordinasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional di tingkat Pejabat Pimpinan Tinggi Madya melakukan pembahasan perkembangan pelaksanaan SPBE sesuai amanat Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE, Kamis (25/02). Hasil rapat koordinasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada para menteri dan kepala lembaga yang tergabung dalam...

Pemkab Sumedang Ciptakan Layanan ‘Digital User-Centric’

20210223 Kunjungan Kerja ke Sumedang 4 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dalam Peluncuran SPBE Happy Digital Region di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (23/02).   SUMEDANG – Pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, berhasil menjadikan masyarakat...

Tetapkan Standardisasi Proses Bisnis, Kementerian PANRB Dorong Pelayanan Digital

20210226 Peninjauan MPP Kota Palembang 1 Kunjungan tim unit kerja Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB ke MPP Kota Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (26/02).    PALEMBANG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyusun rancangan Peraturan Menteri PANRB tentang Standardisasi Proses Bisnis Layanan Strategis (dasar dan perizinan). Untuk menyempurnakan beleid tersebut, tim unit...

SAKIP Desa, Implementasikan Reformasi Birokrasi dari Level Desa

20210223 Kunjungan Kerja ke Kabupaten Sumedang 6 Kunjungan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo ke Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.    SUMEDANG – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Desa menjadi salah satu gebrakan reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang. Implementasi SAKIP Desa yang dilakukan secara elektronik ini memacu pengelolaan anggaran desa menjadi...

Gebrakan Reformasi Birokrasi di Sumedang

20210223 Kunjungan Kerja ke Kabupaten Sumedang 8 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (23/02).   SUMEDANG – Gebrakan demi gebrakan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang. Bukan sekadar teori, namun berbagai perubahan dilakukan sebagai bentuk implementasi dari reformasi birokrasi. Upaya ini dilakukan dengan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan...

Pemerintah Terbitkan Pedoman Penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja Pegawai Tahun 2021

20210226 Pemerintah Terbitkan Pedoman Penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja Pegawai Tahun 2021 Tangkapan layar Surat Edaran Menteri PANRB No. 3/2021 tentang Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai dan Penilaian Kinerja PNS Tahun 2021.   JAKARTA – Seluruh Pegawai dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di instansi pemerintah wajib melakukan penyusunan sasaran kinerja pegawai (SKP) pada periode penilaian kinerja tahun 2021. Penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja...

Layanan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Diharapkan Hadir di Mal Pelayanan Publik

20210224 Layanan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Diharapkan Hadir di Mal Pelayanan Publik 1 Rapat Peningkatan Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu secara virtual yang diadakan Ditjen Pendidikan Tinggi, Rabu (24/02).   JAKARTA – Unit Layanan Terpadu (ULT) milik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan bisa bergabung dalam Mal Pelayanan Publik (MPP). Bergabungnya unit layanan Kemendikbud tersebut tentu bisa memperluas dan mempermudah...

Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Pangkas Cuti Bersama 2021 Jadi 2 Hari

20210222 Rapat Peninjauan Kembali SKB Hari Libur Nasional 2021 1 Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Tingkat Menteri tentang Peninjauan Kembali SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (22/02).   JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan perubahan cuti bersama tahun 2021. Cuti bersama tahun 2021 dipangkas menjadi 2 hari, dari sebelumnya berjumlah...

Audit Infrastruktur dan Aplikasi SPBE Dorong Perbaikan Berkelanjutan

20210226 Audit Infrastruktur dan Aplikasi SPBE Dorong Perbaikan Berkelanjutan 1 Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PANRB Cahyono Tri Birowo saat membuka sosialisasi yang merupakan Aksi SPBE edisi ke-10 ini, secara virtual, Jumat (26/02).   JAKARTA – Pemerintah perlu melakukan audit Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai upaya untuk mendukung digital government yang partisipatif, kolaboratif, berkelanjutan, dan...

Kementerian PANRB Sampaikan Hasil Monev Pengelolaan SIPPN dan SP4N-LAPOR! Kementerian/Lembaga Tahun 2020

20210224 Kementerian PANRB Sampaikan Hasil Monev Pengelolaan SIPPN dan SP4N LAPOR KementerianLembaga Tahun 2020 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat mengikuti Forum Penyampaian Hasil Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SIPPN dan SP4N-LAPOR! Kementerian/Lembaga, secara virtual, Rabu (24/02).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi (monev) pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN)...

Gebrakan Polresta Malang Kota Hadirkan Pelayanan Prima

20210218 Gebrakan Polresta Malang Kota Hadirkan Pelayanan Prima 1 Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Leonardus Simarmata usai menerima piagam penghargaan dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Tahun 2020.    JAKARTA – Setelah tiga tahun meraih predikat Sangat Baik, Polresta Malang Kota berhasil menyabet predikat Pelayanan Prima dalam evaluasi pelayanan publik tahun 2020. Evalusi ini dilakukan...