Layanan Pengurusan SIM Tutup Rangkaian HUT ke-63 Kementerian PANRB

20220815 Layanan Pengurusan SIM Tutup Rangkaian HUT ke 63 Kementerian PANRBSuasana pelayanan pengurusan SIM di lingkungan Kementerian PANRB, Senin (15/08).   JAKARTA – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) diakhiri dengan layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kementerian PANRB bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar pelayanan pembuatan dan...

Strategi Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian PANRB

20220812 Strategi Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian PANRBSekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, di Jakarta, Jumat (12/08).   JAKARTA – Pengendalian gratifikasi di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus ditingkatkan. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada para pejabat maupun pegawai di Kementerian PANRB untuk mewaspadai tindakan gratifikasi yang melanggar hukum...

Urgensi Revitalisasi Web JIPPNas Sebagai Portal 'Knowledge Management System'

20220811 DEP YANLIK Rakor Tindak Lanjut Rencana Pengembangan JIPP Nasional 1Suasana Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rencana Pengembangan JIPP Nasional, di Jakarta, Kamis (11/08).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan revitalisasi pada website Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNas) sebagai portal knowledge management system inovasi pelayanan publik nasional. Dengan dikembangkannya portal tersebut, diharapkan dapat mendorong akselerasi...

Wujudkan Konsistensi Penguatan Akuntabilitas Keuangan Negara, Kementerian PANRB Kembali Raih WTP

20220809 Penyerahan LHP LK T.A 2021 4Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI Atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021 di Lingkungan Auditorat Keuangan Negara (AKN) III, di Jakarta, Selasa (09/08).   JAKARTA – Sebagai wujud kosistensi penguatan akuntabilitas keuangan negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali meraih...

Mengupas Paradigma Pelayanan Publik Kontemporer: Masyarakat Tidak Jadi Objek

20220812 Mengupas Paradigma Pelayanan Publik Kontemporer Masyarakat Tidak Jadi ObjekAsdep Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kementerian PANRB Insan Fahmi dalam Bimtek SKM dan FKP lingkup K/L yang digelar secara virtual, Jumat (12/08).  JAKARTA – Selama bertahun-tahun, sistem pelayanan publik di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, hanya menjadikan masyarakat sebagai objek yang tidak diikutsertakan dalam perencanaan dan evaluasi. Namun kini, pemerintah...

Strategi Konkret Kawal Program Bangga Kencana dan Penurunan 'Stunting'

20220811 PLT MENPAN Rapat Reviu Program BKKBN 6Plt. Menteri PANRB Mahfud MD saat menjadi keynote speaker dalam Rapat Reviu Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting T.A 2022 di Kantor BKKBN, Jakarta, Kamis (11/08).  JAKARTA – Diantara beberapa program prioritas nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, penurunan stunting menjadi salah satu program strategis karena terkait...

Mahfud MD: Diklat ASN Harus Menumbuhkan 'Active Learning'

20220809 LAN 1Plt. Menteri PANRB Mahfud MD saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-65 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Jakarta, Selasa (09/08).   JAKARTA – Keadaan yang penuh ketidakpastian di era disrupsi memaksa adanya perubahan fundamental yang diiringi mindset serta terobosan baru, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan dan pelatihan (diklat) Aparatur Sipil Negara...

Wujudkan Nilai BerAKHLAK, Evaluasi Pelayanan Publik Libatkan Instansi Lain

20220812 DEP YANLIK Rapat Kordinasi Evaluator PEKPPP 2Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka Rapat Koordinasi Evaluator PEKPPP   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali akan melaksanakan evaluasi pelayanan publik di tahun 2022. Untuk meningkatkan kualitas dalam proses evaluasi, Kementerian PANRB turut melibatkan kementerian dan lembaga khusus dalam Pemantauan...

FKP dan SKM, Wadah Masyarakat untuk Ikut Serta dalam Perbaikan Pelayanan Publik

20220811 DEP YANLIK 2Suasana kegiatan Bimbingan Teknis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Forum Konsultasi Publik (FKP) di Lingkup Pemerintah Daerah secara daring di Jakarta, Kamis (11/08).    JAKARTA – Keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah sebuah keharusan. Kritik, saran, dan masukan dari masyarakat bisa disampaikan melalui wadah yang sudah difasilitasi pemerintah setempat,...

Perpustakaan, e-Resources, dan Perannya dalam Perumusan Kebijakan Publik

20220805 Webinar Perpustakaan 2Pelaksanaan webinar dengan tema Implementasi e-Resources Perpustakaan Nasional, secara daring, Jumat (05/08).   JAKARTA – Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan untuk mendukung literasi pegawai menjadi salah satu fokus Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dukungan referensi atau literasi yang baik diharapkan dapat lebih mendukung kinerja pegawai Kementerian PANRB dalam...

Pahami Tahapan Evaluasi SAKIP dan RB 2022

20220812 Entry Meeting Pemda Wilayah II 2Entry meeting evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2022 untuk Pemerintah Daerah Wilayah II yang digelar secara daring, Kamis (11/08).   JAKARTA – Proses evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) 2022 akan melewati beberapa tahapan. Instansi pemerintah diminta...

Empat Langkah Perkuat Peran 'Middle Management'

20220811 DEP YANLIK Pelatihan Teknis 2Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Pembukaan Pelatihan Teknis Untuk Middle Management SP4N-LAPOR! Tingkat Kabupaten, secara virtual, Selasa (09/08).   JAKARTA – Pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia pengelola pada level middle management di wilayah percontohan terus dilakukan. Untuk memperkuat perannya dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional –...

Merawat Jejak Birokrasi Lewat Tertib Arsip dan Transformasi Digital

20220804 Merawat Jejak Birokrasi Lewat Tertib Arsip dan Transformasi Digital 4Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam webinar kearsipan nasional bertema Peran Kearsipan: Merajut Masa Depan dari Benang-Benang Sejarah, secara virtual, pada Kamis (04/08).   JAKARTA – Arsip sebagai kumpulan informasi menjadi warisan dokumenter yang krusial perannya bagi administrasi pemerintahan. Kumpulan informasi tersebut akan menghasilkan ilmu pengetahuan yang perlu dilestarikan untuk...