Penyelenggara Layanan Publik Wajib Dengar Harapan Masyarakat

Penyelenggara Layanan Publik Wajib Dengar Harapan Masyarakat

Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller saat sosialisasi Forum Konsultasi Publik (FKP) di Jakarta, Rabu (27/04).
 
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berkomitmen untuk mendorong peningkatan pelayanan publik. Tuntunan yang tinggi dari masyarakat akan pelayanan  publik, sebisa mungkin ditampung dan dipenuhi.
"Dengan adanya forum konsultasi publik, diharapkan dapat menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan dengan harapan publik untuk meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan masyarakat," ujar Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller saat sosialisasi Forum Konsultasi Publik (FKP) di Jakarta,…

Menteri Asman Kunjungi Sumatera Utara

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis (26/04). Daerah yang akan dikunjungi Menteri Asman adalah Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Karo.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman menjelaskan bahwa selain melakukan audiensi dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada didaerah, kunjungan Menteri Asman dalam rangka melakukan peresmian gedung Computer Assisted Test (CAT) milik Pemkab Pakpak Bharat.

Selain itu untuk memberikan dorongan perbaikan kualitas pelayanan publik, Menteri PANRB beserta rombongan juga akan menyaksikan peluncuran…

Menuju Top 40 Iovasi Pelayanan Publik 2017, 10 Inovasi Kembali Tampil

Menuju Top 40 Iovasi Pelayanan Publik 2017, 10 Inovasi Kembali Tampil

Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti

 

JAKARTA – Tahapan presentasi dan wawancara menuju Top 40 inovasi pelayanan publik 20-17 kembali digelar, Selasa (25/04). Sebanyak 10 inovasi dari lima instansi pemerintah tampil, yakni Kementerian PUPR, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP),  Polri (Polres Brebes dan Polres Sukabumi Kota), PT Taspen Persero, Pemprov DKI Jakarta, serta Bank DKI.

Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti mejadi inovator yang tampil pertama dengan inovasi berjudul Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri bidang Konstruksi (SIBIMA KONSTRUKSI). Inovasi ini dimulai tahun 2014, berupa pelayanan pelatihan berbasis teknologi informasi  dengan membangun sistem pelatihan jarak…

Perpres No.42 Tahun 2017, Pemerintah Tetapkan Jabatan Fungsional Anggota POLRI

Perpres No.42 Tahun 2017, Pemerintah Tetapkan Jabatan Fungsional Anggota POLRI

JAKARTA - Dengan pertimbangan untuk meningkatkan profesionalisme, pembinaan karir, dan peningkatan mutu pelaksanaan tugas anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), pemerintah memandang perlu membentuk jabatan fungsional Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 5 April 2017, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 42 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurut Perpres ini, jabatan fungsional anggota Polri terdiri dari: a. jabatan fungsional keahlian; dan b. jabatan fungsional keterampilan.
“Jabatan Fungsional Anggota Polri dan formasi pegawainya ditetapkan oleh Kapolri setelah mendapatkan persetujuan tertulis dari menteri yang menyelenggarakan…

7 Hak Cuti PNS Sesuai PP No. 11/2017

7 Hak Cuti PNS Sesuai PP No. 11/2017

 


JAKARTA - Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2017, terdapat aturan tentang cuti bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut PP ini, cuti diberikan oleh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian), yang dapat didelegasikan sebagian wewenangnya kepada pejabat di lingkungannya untuk memberikan cuti, kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Pemerintah ini atau peraturan perundang-undangan lainnya.

“Cuti bagi PNS yang ditugaskan pada lembaga yang bukan bagian dari kementerian atau lembaga diberikan oleh pimpinan lembaga yang bersangkutan kecuali cuti di luar tanggungan negara,” bunyi Pasal…

Tingkatkan Kenyamanan Pasien, Ciptakan Konsep Go Green dalam Lingkungan Rumah Sakit

Tingkatkan Kenyamanan Pasien, Ciptakan Konsep Go Green dalam Lingkungan Rumah Sakit

 

GORONTALO - Peningkatan kualitas pelayanan publik di dalam fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, tidak hanya dari sisi pelayanan ataupun fasilitas alat kesehatannya saja, namun juga harus diiringi dengan rasa kenyamanan pasien saat berada dalam fasilitas tersebut.

Dalam kunjungannya ke RSU MM Dunda Gorontalo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur sedikit prihatin melihat penghijauan lingkungan rumah sakit ini. Menurutnya, banyak tempat yang bisa dimanfaatkan untuk ditanami tanaman agar terlihat hijau dan sejuk.

'Ini bisa ditanami tanaman pak. Sayang walaupun ruangnya terbatas tapi ini bisa dimanfaatkan untuk ruang hijau," ujar Menteri kepada…

Terapkan ISO 9001:2015, MenPANRB Salut dengan Komitmen Pelayanan Pemkab Gorontalo

Terapkan ISO 9001:2015, MenPANRB Salut dengan Komitmen Pelayanan Pemkab Gorontalo

 

GORONTALO - Perbaikan kualitas birokrasi menjadi fokus Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Hal ini perlu didukung oleh orang yang bekerja di dalam birokrasi itu yakni Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Menteri PANRB Asman Abnur, diperlukan komitmen yang kuat tidak hanya pada pimpinan tertinggi, tetapi juga komitmen kuat seluruh jajaran pimpinan dan pegawai yang terlibat di dalamnya. "Kepala SKPD adalah motor perubahan. Ujung tombak mempercepat perubahan birokrasi," ujarnya saat memberikan arahan untuk ASN se-Kabupaten Gorontalo di Pentadio Resort Gorontalo, Selasa (25/04).

Selan itu, diperlukan konsistensi untuk terus-menerus melakukan upaya perbaikan berkelanjutan.Para pejabat…

Menteri Asman : Layani Rakyat dengan Senyum

Menteri Asman : Layani Rakyat dengan Senyum

Menteri Asman Abnur menyempatkan diri  mengunjungi sejumlah penyelanggara pelayanan publik, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di kabupaten Gorontalo, Selasa (25/04), termasuk Kantor Pertanahan  Kabupaten Gorontalo

 

GORONTALO - Usai libur panjang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meninjau sejumlah unit pelayanan publik di Kabupaten/Kota Gorontalo, Selasa (25/04). Hal ini untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Asman berpesan kepada petugas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang baik. "Layani mereka dengan senyum," ujar Menteri yang  didampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Wakil Bupati Fadli Hasan. 

Menteri Asman…

Serapan Anggaran Bukan Ukuran Keberhasilan

Serapan Anggaran Bukan Ukuran Keberhasilan

GORONTALO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan bahwa kemajuan suatu daerah sangat bergantung pada komitmen kepala daerah. "Kalau kepala daerah punya komitmen tinggi harus diikuti penyelenggara negaranya (SKPD)," ujarnya saat beramah-tamah dengan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan seluruh SKPD Gorontalo Utara di Gorontalo, Senin (24/04).

Menteri Asman mengimbuhkan bahwa setiap SKPD harus mempunyai target yang jelas di Ngan kinerja yang terukur. Diingatkan, ukuran keberhasilannya tidak lagi berdasarkan serapan anggaran. Hasil tersebut merupakan ukuran kinerja para pejabat. "Yang jadi ukuran itu hasil yang didapatkan dari anggaran tersebut. Jika ada pejabat…

Jelang Test Sekolah Kedinasan, Persiapkan Mental dan Fisik

JAKARTA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk sekolah kedinasan akan berlangsung mulai esok hari tanggal 25 April sampai Juni mendatang. SKD kali ini dilakukan menggunakan Computer Assisted Tests (CAT). Peserta seleksi sekolah kedinasan mungkin sudah mulai mencari tahu apa itu CAT dan bagaimana tips mengerjakan tes berbasis komputer tersebut.

Namun, hal penting dan tidak boleh dilupakan adalah apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang tes. Persiapan mental dan fisik rupanya sangat berpengaruh dalam kelancaran mengerjakan soal. Peserta tes perlu mempersiapkan diri dengan membaca hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diujikan. Terdapat tiga materi yang diujikan dalam SKD…

Berita Terkait

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : .
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24