Strategi Kembangkan Inovasi Pelayanan Publik dengan Replikasi

20201015 Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2   JAKARTA – Replikasi inovasi pelayanan publik menjadi salah satu cara dalam mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Untuk itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (FRIPP) pada Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Timur yang telah ditetapkan sebagai Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik...

UU Pelayanan Publik Perlu Diperbaiki Agar Adaptif Hadapi Dinamika

20201014 UU Pelayanan Publik 1 Akademisi Universitas Brawijaya Wawan Sobari dalam FGD Penyempurnaan UU Pelayanan Publik yang dilakukan secara virtual, Rabu (14/10).   JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), berencana mengusulkan revisi Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Setelah lebih dari sepuluh tahun diundangkan, regulasi tersebut akan diperbarui...

Tiga Elemen Reformasi Kelembagaan Pemerintah

20201012 Web Seminar Revitalisasi Kelembagaan Sektor Publik 7Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan keynote speech dalam acara Revitalisasi Kelembagaan Sektor Publik di Indonesia untuk Mewujudkan Tata Kelola yang Efektif dan Efisien, secara virtual, di Jakarta, Senin (12/10).   JAKARTA – Reformasi kelembagaan perlu dilakukan pemerintah untuk mewujudkan birokrasi yang handal. Dalam melakukan reformasi kelembagaan dan birokrasi, terdapat...

Tutup Celah Korupsi dengan Transformasi Digital dan Budaya Kerja

20201008 Peluncuran Mata Kuliah Akademi Antikorupsi 2 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam acara Peluncuran Mata Kuliah Akademi Antikorupsi dan Webinar Mencegah Korupsi dan Politisasi Birokrasi Untuk Menciptakan Birokrasi Modern dan Profesional yang diselenggarakan Indonesia Corruption Watch (ICW), Kamis (08/10).   JAKARTA – Adanya transformasi digital diharapkan bisa mempersempit peluang terjadinya korupsi. Transformasi digital melalui pembangunan Sistem Pemerintahan...

Sumatra Selatan Diminta Tingkatkan Publikasi SP4N-LAPOR!

20201014 Rakor LAPOR 2   JAKARTA – Walaupun wilayah Sumatra Selatan tercatat telah aktif mengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mendorong Sumatra Selatan untuk meningkatkan publikasi dan sosialisasi SP4N-LAPOR!, baik pada level...

Upaya Pengintegrasian Fungsi Ketahanan Nasional

20201007 Kajian Jangka Panjang tentang Pengintegrasian Fungsi Keamanan dalam Satu Kebijakan Nasional 3 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam Round Table Discussion Kajian Jangka Panjang tentang Pengintegrasian Fungsi Keamanan dalam Satu Kebijakan Nasional, di Jakarta, beberapa waktu lalu.  JAKARTA – Ancaman yang dihadapi Indonesia tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga ancaman global seperti ideologi, persaingan sumber daya alam, geopolitik internasional, teknologi,...

Delapan Pemprov Selenggarakan Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik

20201008 Delapan Pemprov Selenggarakan Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara virtual pada Kamis (08/10).   JAKARTA – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan tujuh provinsi lainnya ditetapkan sebagai Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) tahun 2020. Daerah-daerah tersebut akan menyelenggarakan...

KEK Singhasari Unggulkan 'Heritage and Digital Tourism'

20201013 Kunjungan ke KEK Singhosari 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa bersama Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama David Santoso selaku pengelola area KEK Singhasari saat kunjungan kerja ke KEK Singhasari, Malang, Jawa Timur, Selasa (13/10).   MALANG – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Malang, Jawa Timur, memiliki nilai sejarah budaya kerajaan yang...

Hasil Survei PBB, 'e-Government' Indonesia Naik Peringkat

20201009 Indeks SPBE 1   JAKARTA – United Nations (UN) e-Government Survey 2020 telah menempatkan Indonesia pada peringkat 88 atas pengembangan dan pelaksanaan e-government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Hasil di tahun 2020 yang dirilis pada bulan Juli, menunjukkan kenaikan 19 peringkat dibandingkan tahun 2018 yang berada di urutan 107 dan urutan 116...

Kementerian PANRB Susun Pedoman Penyelenggaraan 'e-Services'

20201008 Kementerian PANRB Susun Pedoman Penyelenggaraan e Services 1  Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa (kiri) dalam kegiatan FGD Instrumen Identifikasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik secara virtual, Kamis (08/10).   BANDUNG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyusun kebijakan berupa Peraturan Menteri PANRB tentang pedoman penyelenggaraan pelayanan publik berbasis elektronik (e-services)....

Evaluasi SPBE 2020 Masuki Tahap Wawancara

20201013 Evaluasi SPBE 2020 Masuki Tahap Wawancara 1 Rangkaian tahapan evaluasi penerapan SPBE tahun 2020 telah masuki tahap wawancara.    JAKARTA – Evaluasi terhadap penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada instansi pemerintah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah masuk pada tahap wawancara. Wawancara ini diikuti oleh 128 instansi pemerintah dan dievaluasi...

Mendorong Layanan Ramah Kaum Rentan di Tanah Pasundan

20201008 Kunjungan Kerja ke Jawa Barat 7 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa didampingi Ketua Pengadilan Agama Bandung H. Muhamad Camuda saat melakukan kunjungan ke Kantor Pengadilan Agama Bandung, Jawa Barat, Kamis (08/10).   BANDUNG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat serta Kantor Pengadilan Agama Bandung didorong untuk menciptakan sarana prasarana layanan...

'Suntikan' Spirit Untuk Maluku dan Maluku Utara Tangani Aduan Publik

20201009 Suntikan Spirit Untuk Maluku dan Maluku Utara Tangani Aduan Publik 1 Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad pada kegiatan FGD Review Tindak Lanjut SP4N - LAPOR! Tahun 2020 Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara, Rabu (07/10).   JAKARTA – Provinsi Maluku dan Maluku Utara menerima hasil monitoring dan evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan...