Netralitas ASN Dongkrak Efektivitas Pemerintahan

20190328 rakor integritas asn 7  Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam acara Rakor dan Sosialisasi Kebijakan Integritas dan Disiplin ASN, di Yogyakarta, Kamis (28/03). YOGYAKARTA - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada kubu politik berdampak pada indeks efektivitas pemerintahan yang semakin membaik. Pada 2017, indeks efektivitas pemerintahan 46 (skala 0-100), kemudian meningkat tajam...

SPBE Bukan Pilihan, Tapi Keharusan

20190328 penyerahan LE SPBE 3 Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara penyerahan hasil evaluasi SPBE di Jakarta, Kamis (28/03)   JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan pentingnya akselerasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terintegrasi di seluruh instansi pemerintah. "Penerapan SPBE merupakan keharusan, bukan pilihan. Karena itu jangan ditunda-tunda lagi," ujarnya saat memberikan arahan...

Percepat Pelayanan Publik dengan Entrepreneurship Bureaucracy

20190327 TTD Komitmen MPP 7 Menteri PANRB Syafruddin didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara penandatanganan komitmen dan rapat kordinasi penyelenggaraan MPP tahun 2019, di Jakarta, Rabu (27/03).   JAKARTA – Unit penyelenggara layanan publik milik pemerintah haruslah berdasar kepada entrepreneurship bureaucracy yang meliputi pelayanan cepat, tepat, berkualitas, tidak berbelit, dan mudah...

Kementerian PANRB Dorong Percepatan Aplikasi LAPOR di Papua dan Papua Barat

20190326 IMANUDDIN  Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, M. Imanuddin memimpin rapat persiapan Rakor di Jakarta, Selasa (26/03).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengadakan Rapat Koordinasi dengan Pemda di wilayah Papua dan Papua Barat untuk mendorong percepatan penggunaan aplikasi...

SPBE Hasilkan Efektivitas dan Efisiensi Birokrasi dan Tingkatkan Pelayanan Publik

20190328 prescon HE SPBE 5  Menteri PANRB Syafruddin didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB saat konferensi pers terkait Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE 2018 di Jakarta, Kamis (28/03).   JAKARTA - Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal dengan e-government, berdampak pada integrasi...

Catatan Bela Negara CPNS Kementerian PANRB, Tangkal Ideologi Kontra Pancasila dan Jaga Persatuan Bangsa

20190326 bela negarararararara8 CPNS Kementerian PANRB saat berada di Markas Bela Negara, Bogor, Selasa (26/03).   BOGOR – Derap langkah 101 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membawa mereka ke lokasi yang menempa mereka baik secara fisik maupun mental. ‘Ragu-ragu, kembali’, begitu tulisan yang menyambut peserta...

Pers Diminta Kawal Kinerja Pemda

WhatsApp Image 2019 03 24 at 23.27.27 1 Sejumlah jurnalis yang tegabung dalam Press Room Pemprov Kalimantan Selatan saat berkunjung ke Kementerian PANRB, Senin (25/03).   JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mendorong peran pers mengawal kinerja pemerintah daerah, terutama program prioritas pembangunan, mulai perencanaan sampai eksekusi anggaran. Setiap program harus bermanfaat bagi masyarakat, tidak sekedar...

Menteri Syafruddin Terima Penghargaan Top IT & TELCO 2019

20190327 itech award 2 Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB saat menerima penghargaan Top IT & TELCO 2019 untuk Menteri PANRB Syafruddin di Jakarta, Kamis (27/03).   JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menerima penghargaan Top IT & TELCO 2019 dalam kategori Leadership on Public Service Transformation...

Penyusunan Standar Pelayanan Harus Libatkan Masyarakat

20190326 FKP denpasar2  Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller saat memberikan penjelasan dalam acara monitoring dan tindak lanjut penerapan standar pelayanan, di Denpasar Bali, Selasa (26/03).   DENPASAR - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong para pemerintah daerah untuk dapat melibatkan masyarakat dalam hal...

Embrio ASN, Praja IPDN harus Menjadi Agen Perubahan  

20190326 kuliah umum IPDN8 Menteri PANRB Syafruddin saat memberikan kuliah umum di IPDN Jatinangor, Sumedang Jabar, Selasa (26/03).   SUMEDANG - Dalam skema pemerintahan, reformasi birokrasi identik dengan suatu area never ending atau infinite game, karena di dalamnya dialiri nafas perubahan yang terus bergulir mengikuti perkembangan peradaban dan zaman. Menghadapi skema reformasi birokrasi, aparatur...

Sistem Merit Berhasil Tekan Primordialisme dalam Birokrasi

20190327 Diskusi Media di KSP 4  Diskusi Media "Teguh Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Modern", di kantor Staf Presiden (KSP), Rabu (27/03).   JAKARTA - Dahulu ada anggapan bahwa pimpinan kementerian/lembaga yg berasal dari daerah A, akan memilih pejabat dari daerah yang sama. Sifat mementingkan kedaerahan atau primordial seperti itu ditemui ketika belum terjadi reformasi birokrasi....

Lima Hari Tanpa Ponsel, CPNS Kementerian PANRB Digembleng Mental dan Fisik

20190325 orwastu  Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Kepala Biro SDM & Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih berfoto bersama CPNS Kementerian PANRB saat pelepasan pelatihan Bela Negara, di Jakarta, Senin (25/03).   JAKARTA - Selama lima hari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)...

Tak Harus Sama, Layanan MPP Sesuaikan Kebutuhan Masyarakat

20190325 diah mpp probolinggo4 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat meninjau pelayanan publik di MPP Probolinggo, Senin (25/03).   PROBOLINGGO - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengatakan, jenis pelayanan MPP tak harus sama dengan MPP di kota/kabupaten lainnya. “Tidak semua pelayanan harus sama,...