Instansi Prioritas Pembinaan Didorong Lakukan Perbaikan Pelayanan Publik

20200515 Instansi Prioritas Pembinaan Didorong Lakukan Pelaksanaan Pelayanan Publik 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat Pendampingan terkait Hasil Evaluasi bagi UPP Prioritas Pembinaan melalui video conference, Kamis (14/05).   JAKARTA – Sebagai pembina pelayanan publik yang diamanahkan untuk melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan pendampingan khusus terhadap Organisasi...

Indonesia Berbagi Strategi Penanganan Covid-19 dalam Forum Internasional

20200515 Global Web Forum Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat menjadi pembicara dalam Global Web Forum di Jakarta, Kamis (14/05).   JAKARTA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), membahas langkah menangani pandemi Covid-19 pada Global Web Forum bertajuk “Governments’ Agile Response to Covid-19”. Dalam video...

Pemerintah Kembali Perpanjang Penyampaian PMPRB Hingga 30 Juni 2020

20200514 Pemerintah Kembali Perpanjang Penyampaian PMPRB Hingga 30 Juni 2020   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memutuskan untuk memperpanjang penyampaian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). Awalnya, akhir penyampaian PMPRB jatuh pada 31 Mei 2020, diperpanjang menjadi 30 Juni 2020. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 56/2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran...

Dukcapil Go Digital Semakin Optimal Selama Pandemi

20200514 Ngulik Dukcapil Go Digital 2   JAKARTA – Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri telah menerapkan inovasi Dukcapil Go Digital sejak tahun 2019. Saat pandemi Covid-19 menyebar luas di Indonesia, terobosan pelayanan administrasi kependudukan secara daring ini semakin optimal diterapkan hampir di semua kabupaten dan kota untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat....

Finalkan Rodmap SP4N 2020-2024, Kementerian PANRB Susun Strategi Penguatan SP4N-LAPOR!

20200515 Finalkan Rodmap SP4N 2020 2024 Kementerian PANRB Susun Strategi Penguatan SP4N LAPOR 3 Video conference Rapat Finalisasi Road Map Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020-2024, Kamis (14/05).    JAKARTA – Sebagai koordinator Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membahas finalisasi road map SP4N 2020-2024. Peta jalan tersebut dianggap penting dalam penguatan...

Pentingnya Peran Admin SP4N-LAPOR! Tangani Aduan Covid-19

20200514 Pentingnya Peran Admin SP4N LAPOR Tangani Aduan Covid 19 1   JAKARTA – Tingginya aduan masyarakat terkait Covid-19 melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) memerlukan prioritas dalam penyelesaiannya. Untuk itu, dibutuhkan kontribusi admin instansi SP4N-LAPOR! dalam mempercepat tindak lanjut penyelesaian pengaduan dampak Covid-19 melalui fitur baru yang telah dikembangkan Kementerian Pendayagunaan...

Menjadi Jembatan Kebaikan Lewat Pengabdian Sesuai Profesi

20200513 Semangat Mengabdi 1Andy F. Noya saat menjadi pembicara dalam seminar daring Bincang Inspirasi ASN Edisi 4, Selasa (12/05).   JAKARTA – Kesuksesan tentu menjadi impian semua orang. Namun sebuah kesuksesan sendiri dapat dimaknai secara berbeda bagi setiap orang. Kerapkali kesuksesan dimaknai sebagai pencapaian materi, harta, atau jabatan. Namun hal ini dipandang berbeda...

KIPP 2020 Masuki Pintu Pertama Penilaian Proposal

20200514 FGD Penilaian Proposal KIPP 2020 1 Deputi Diah Natalisa saat membuka FGD Pelaksanaan Penilaian Proposal KIPP Tahun 2020, Kamis (14/05).   JAKARTA – Rangkaian seleksi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020 memasuki tahapan penilaian proposal yang dilakukan oleh Tim Evaluasi. Sebelumnya, penilaian proposal yang masuk pada seleksi administrasi hanya menyaring usia inovasi minimal satu tahun...

Tradisi Nyadran, Sambut Ramadan dengan Bakti Kepada Tuhan dan Leluhur

20200514 Nyadran 2   JAKARTA – Setiap menjelang Ramadan, tepatnya pada bulan Sya’ban, masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta, selalu melakukan tradisi Nyadran. Budaya yang telah dijaga selama ratusan tahun ini, dilakukan dengan bersih-bersih makam para orang tua atau leluhur, membuat dan membagikan makanan tradisional, serta berdoa atau selamatan bersama di sekitar...

PMPRB Gambarkan Capaian Reformasi Birokrasi Tiap Instansi

20200513 PMPRB Gambarkan Capaian Reformasi Birokrasi Tiap Instansi 1 Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Ronald Andrea Annas saat menjadi pembicara dalam Diskusi dan Sosialisasi Online (Disko), Rabu (13/05).   JAKARTA – Instansi pemerintah didorong untuk segera mengisi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). Pasalnya, PMPRB dilakukan untuk memperoleh informasi pelaksanaan dan pencapaian...

Kementerian PANRB Beri Pendampingan Intensif Bagi Daerah Prioritas Pembinaan

20200514 Kementerian PANRB Beri Pendampingan Intensif Bagi Daerah Prioritas Pembinaan 4   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai institusi pembina pelayanan publik memberi pendampingan intensif bagi unit penyelenggara pelayanan publik atau UPP yang masuk dalam prioritas pembinaan di regional Kalimantan, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. UPP di daerah tersebut dikelompokkan ke dalam prioritas pembinaan karena...

Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perlu Segera Terintegrasi dengan OSS

20200514 Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perlu Segera Terintegrasi dengan OSS 1     JAKARTA – Nilai atau indeks pelayanan publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sejak 2017 hingga 2019 meningkat cukup baik dari 3,39 menjadi 3,5 atau masuk kategori baik dengan catatan. Namun, ada sejumlah laporan melalui kanal Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), yang salah...

KIPP Dinilai Layak Dipertahankan

20200513 KIPP Dinilai Layak Dipertahankan 1 Konsultan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) Nur Kholis dalam Rapat Pembahasan Data Dukung Pengalokasian Dana Insentif Daerah (DID) Tahun 2021, Rabu (13/05).   JAKARTA – Ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dinilai layak untuk dipertahankan. Konsultan Kolaborasi...