Unit Pelayanan Publik Perlu Perhatikan Sarana Bagi Kelompok Rentan

20200515 Unit Pelayanan Publik Perlu Perhatikan Sarana Bagi Kelompok Rentan 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka kegiatan Ngobrol Urusan Pelayanan Publik (Ngulik) dengan tema Penyiapan Pelayanan Percontohan Ramah Kaum Rentan Lingkup Pemerintah Daerah, Jumat (15/05).   JAKARTA - Unit pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, harus menyediakan sarana dan prasarana (sarpras) bagi kelompok rentan. Penyediaan sarana dan...

Manfaatkan Media Sosial Untuk Kenalkan Fitur Baru LAPOR!

20200515 Manfaatkan Media Sosial Untuk Kenalkan Fitur Baru LAPOR 1   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong instansi pemerintah melakukan komunikasi efektif untuk memperkenalkan fitur baru pada Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Perlu kerja sama antarinstansi pemerintah untuk mempublikasikannya kepada masyarakat melalui berbagai media komunikasi, salah satunya media sosial. Pengembangan fitur dan mekanisme...

Instansi Prioritas Pembinaan Didorong Lakukan Perbaikan Pelayanan Publik

20200515 Instansi Prioritas Pembinaan Didorong Lakukan Pelaksanaan Pelayanan Publik 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat Pendampingan terkait Hasil Evaluasi bagi UPP Prioritas Pembinaan melalui video conference, Kamis (14/05).   JAKARTA – Sebagai pembina pelayanan publik yang diamanahkan untuk melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan pendampingan khusus terhadap Organisasi...

Kementerian PANRB Beri Pendampingan Intensif Bagi Daerah Prioritas Pembinaan

20200514 Kementerian PANRB Beri Pendampingan Intensif Bagi Daerah Prioritas Pembinaan 4   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai institusi pembina pelayanan publik memberi pendampingan intensif bagi unit penyelenggara pelayanan publik atau UPP yang masuk dalam prioritas pembinaan di regional Kalimantan, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. UPP di daerah tersebut dikelompokkan ke dalam prioritas pembinaan karena...

Selama Pandemi, 9.161 Aduan Diterima Melalui Aplikasi LAPOR!

20200515 Selama Pandemi 9.161 Aduan Diterima Melalui Aplikasi LAPOR 2   JAKARTA – Selama pandemi Covid-19, tepatnya periode April 2020, ada 9.161 laporan masuk melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Rata-rata ada 305 laporan per hari, topik yang paling banyak dilaporkan terkait Covid-19 adalah penangguhan kredit, bantuan sosial, dan pelanggaran physical distancing. Data tersebut diungkapkan Deputi bidang...

Indonesia Berbagi Strategi Penanganan Covid-19 dalam Forum Internasional

20200515 Global Web Forum Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat menjadi pembicara dalam Global Web Forum di Jakarta, Kamis (14/05).   JAKARTA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), membahas langkah menangani pandemi Covid-19 pada Global Web Forum bertajuk “Governments’ Agile Response to Covid-19”. Dalam video...

Pemerintah Kembali Perpanjang Penyampaian PMPRB Hingga 30 Juni 2020

20200514 Pemerintah Kembali Perpanjang Penyampaian PMPRB Hingga 30 Juni 2020   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memutuskan untuk memperpanjang penyampaian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). Awalnya, akhir penyampaian PMPRB jatuh pada 31 Mei 2020, diperpanjang menjadi 30 Juni 2020. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 56/2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran...

Sinergi Jadi Kunci OASE-KIM Peduli Covid-19

20200515 konferensi pers bertema Gotong Royong Masyarakat Sebagai Solusi Hadapi pandemi bersama 1 Ketua Umum OASE-KIM Erni Tjahjo Kumolo dalam konferensi pers bertema “Gotong Royong Masyarakat Sebagai Solusi Hadapi Pandemi Bersama” yang digelar oleh Tim Komunikasi Publikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB, di Jakarta, Jumat (15/05).   JAKARTA – Merebaknya wabah Covid-19 sejak pertengahan Maret lalu di Indonesia jelas memberi dampak pada...

Finalkan Rodmap SP4N 2020-2024, Kementerian PANRB Susun Strategi Penguatan SP4N-LAPOR!

20200515 Finalkan Rodmap SP4N 2020 2024 Kementerian PANRB Susun Strategi Penguatan SP4N LAPOR 3 Video conference Rapat Finalisasi Road Map Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020-2024, Kamis (14/05).    JAKARTA – Sebagai koordinator Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membahas finalisasi road map SP4N 2020-2024. Peta jalan tersebut dianggap penting dalam penguatan...

Pentingnya Peran Admin SP4N-LAPOR! Tangani Aduan Covid-19

20200514 Pentingnya Peran Admin SP4N LAPOR Tangani Aduan Covid 19 1   JAKARTA – Tingginya aduan masyarakat terkait Covid-19 melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) memerlukan prioritas dalam penyelesaiannya. Untuk itu, dibutuhkan kontribusi admin instansi SP4N-LAPOR! dalam mempercepat tindak lanjut penyelesaian pengaduan dampak Covid-19 melalui fitur baru yang telah dikembangkan Kementerian Pendayagunaan...

Revolusi Mental Aparatur Untuk Capai Tujuan Pembangunan

20200515 kuliah daring Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sespimti Polri Dikreg ke 29 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat menjadi pembicara dalam kuliah daring Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sespimti Polri Dikreg ke-29, Jumat (15/05).   JAKARTA – Revolusi mental aparatur negara dipandang sebagai sebuah keharusan untuk mencapai tujuan pembangunan. Upaya membangun Indonesia menjadi negara besar yang maju diperlukan lebih dari sekedar hal yang bersifat...

KIPP 2020 Masuki Pintu Pertama Penilaian Proposal

20200514 FGD Penilaian Proposal KIPP 2020 1 Deputi Diah Natalisa saat membuka FGD Pelaksanaan Penilaian Proposal KIPP Tahun 2020, Kamis (14/05).   JAKARTA – Rangkaian seleksi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020 memasuki tahapan penilaian proposal yang dilakukan oleh Tim Evaluasi. Sebelumnya, penilaian proposal yang masuk pada seleksi administrasi hanya menyaring usia inovasi minimal satu tahun...

Tradisi Nyadran, Sambut Ramadan dengan Bakti Kepada Tuhan dan Leluhur

20200514 Nyadran 2   JAKARTA – Setiap menjelang Ramadan, tepatnya pada bulan Sya’ban, masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta, selalu melakukan tradisi Nyadran. Budaya yang telah dijaga selama ratusan tahun ini, dilakukan dengan bersih-bersih makam para orang tua atau leluhur, membuat dan membagikan makanan tradisional, serta berdoa atau selamatan bersama di sekitar...