Tantangan Hadapi Pandemi Untuk Transformasi

20200519 Transformasi GIZ 2  Video conference Steering Committee Program Transformasi Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Selasa (19/05).   JAKARTA - Di masa pandemi, pemerintah melakukan sejumlah realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Hal ini menjadi tantangan dalam pelaksanaan program transformasi. Untuk menghadapi permasalahan ini, Kementerian PANRB dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit...

Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga Tetap Optimal di Tengah Pandemi

20200519 Pelayanan Publik KementerianLembaga Tetap Optimal Di Tengah Pandemi 1   JAKARTA – Unit penyelenggara pelayanan yang diselenggarakan oleh kementerian/lembaga melakukan adaptasi di masa pandemi Covid-19. Melalui kegiatan Ngobrol Urusan Pelayanan Publik (Ngulik), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merangkum dan mendiskusikan cara baru melayani masyarakat ditengah mewabahnya Covid-19. “Menyikapi bencana yang kita hadapi, tentunya banyak perubahan cara...

Dharma Wanita Salurkan Bantuan Pendidikan di Lingkungan Kementerian PANRB

20200518 DWP Serahkan Bantuan Pendidikan dan Santunan Anak Yatim 1 Ketua Umum DWP Kementerian PANRB Endang F. Atmaji (kiri) saat memberikan bantuan pendidikan secara simbolis di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (18/05).   JAKARTA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyalurkan bantuan pendidikan bagi anak yatim piatu di lingkungan Kementerian PANRB. Bantuan yang...

Covid-19 Ubah Cara Kerja Pemerintah Jadi Lebih Cepat

20200515 Covid 19 Ubah Cara Kerja Pemerintah Jadi Lebih Cepat 3 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam diskusi virtual bertemakan “Bagaimana Pemerintah Bekerja di Tengah Wabah Melanda” di Jakarta, Jumat (15/05).   JAKARTA – Kondisi pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dalam kehidupan. Kita dihadapkan dengan penyesuaian pola komunikasi baru dengan mengikuti perkembangan teknologi. Ini ‘memaksa’ pemerintah melakukan percepatan layanan dengan memanfaatkan teknologi...

Layanan Perizinan Tetap Optimal Beroperasi Selama Pandemi

20200519 Yanlik Wilayah II 18 Direktur Pelayanan Perizinan Berusaha BKPM Ariesta R. Puspasari saat mengikuti rapat koordinasi penyelenggaraan pelayanan publik pada kementerian/lembaga wilayah II, Selasa (19/05).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan pelayanan publik utamanya layanan perizinan tetap berjalan dengan baik selama pandemi. Dengan penerapan sistem Online Single...

Kreatif Manfaatkan Teknologi, Kunci Mengabdi Selama Pandemi

20200516 BIASN 4 Bima 2 Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menjadi narasumber dalam seminar daring Bincang Inspirasi ASN Edisi 4 beberapa waktu lalu.   JAKARTA – Situasi pandemi Covid-19 memaksa penyesuaian dalam berbagai hal, termasuk bekerja dari rumah. Meski awalnya sulit beradaptasi dengan bekerja dari rumah, namun pemanfaatan teknologi secara kreatif, mampu meningkatkan produktivitas...

Unit Pelayanan Publik Perlu Perhatikan Sarana Bagi Kelompok Rentan

20200515 Unit Pelayanan Publik Perlu Perhatikan Sarana Bagi Kelompok Rentan 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka kegiatan Ngobrol Urusan Pelayanan Publik (Ngulik) dengan tema Penyiapan Pelayanan Percontohan Ramah Kaum Rentan Lingkup Pemerintah Daerah, Jumat (15/05).   JAKARTA - Unit pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, harus menyediakan sarana dan prasarana (sarpras) bagi kelompok rentan. Penyediaan sarana dan...

Pengadilan Negeri Siap Jadi Role Model Pelayanan Ramah Kaum Rentan

20200518 Pengadilan Negeri Siap Pelayanan Kaum Rentan 1 Video conference Monitoring Pelayanan Publik Ramah Kaum Rentan Lingkup Pengadilan Negeri/Pengadilan Agama, Senin (18/05).   JAKARTA – Sebelas unit pelayanan publik (UPP) lingkup Mahkamah Agung akan menjadi role model pelayanan publik ramah bagi kaum rentan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan pemantauan terhadap progres yang dilakukan UPP...

Gotong Royong Lawan Covid-19

20200516 Gotong Royong Lawan Covid 19 1 Konferensi Pers yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Ketua Umum OASE KIM Erni Tjahjo Kumolo dan pendiri sekaligus CEO Kitabisa.com Alfatih Timur, di Jakarta, Jumat (15/05).   JAKARTA – Perang melawan Covid-19 belum usai. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya bantuan, dukungan, serta gotong royong dari seluruh elemen...

Manfaatkan Media Sosial Untuk Kenalkan Fitur Baru LAPOR!

20200515 Manfaatkan Media Sosial Untuk Kenalkan Fitur Baru LAPOR 1   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong instansi pemerintah melakukan komunikasi efektif untuk memperkenalkan fitur baru pada Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Perlu kerja sama antarinstansi pemerintah untuk mempublikasikannya kepada masyarakat melalui berbagai media komunikasi, salah satunya media sosial. Pengembangan fitur dan mekanisme...

Mengulik Spirit ASN Milenial dalam Bincang Inspirasi ASN Edisi Lima

20200518 Bincang Inspirasi ASN Edisi 5   JAKARTA – Bincang Inspirasi ASN kembali hadir untuk membangkitkan semangat generasi milenial. Webinar edisi kali ini akan mengulas peluang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dimanfaatkan generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Tidak bisa dipungkiri teknologi menyebabkan perubahan fundamental dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk lini pemerintahan....

Menteri PANRB: Gotong Royong Jadi Kiat Tangani Covid-19

20200515 Menteri PANRB Gotong Royong Jadi Kiat Tangani Covid 19 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo bersama peserta e-discussion “Bagaimana Pemerintah Bekerja di Tengah Wabah Melanda” yang diselenggarakan Universitas Sriwijaya, Jumat (15/05).   JAKARTA – Pemerintah telah melakukan beragam upaya untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa kiat keberhasilan penanganan Covid-19...

Selama Pandemi, 9.161 Aduan Diterima Melalui Aplikasi LAPOR!

20200515 Selama Pandemi 9.161 Aduan Diterima Melalui Aplikasi LAPOR 2   JAKARTA – Selama pandemi Covid-19, tepatnya periode April 2020, ada 9.161 laporan masuk melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Rata-rata ada 305 laporan per hari, topik yang paling banyak dilaporkan terkait Covid-19 adalah penangguhan kredit, bantuan sosial, dan pelanggaran physical distancing. Data tersebut diungkapkan Deputi bidang...