Menteri Tjahjo Dorong Birokrasi Bantu Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi

20200813 Pelatihan Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan XIV 2 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam Ceramah Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIV secara virtual, Kamis (13/08).   JAKARTA – Eksistensi peran birokrasi sebagai pilar pembangunan dalam aspek tata kelola internal dan pelayanan publik tengah diuji. Kedua aspek tersebut memiliki kaitan erat dengan sektor ekonomi dan kesehatan sebagai sektor...

Berikan Layanan Pengaduan HAM Lewat Gereja dan Tokoh Masyarakat di Papua Barat

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Permasalahan hak asasi manusia (HAM) masih sering dijumpai di Papua dan Papua Barat. Menurut Kementerian Hukum dan HAM, permasalahan HAM di sana seringkali diawali dengan terlambatnya atau bahkan tidak adanya respon terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama menyangkut kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Tidak adanya respon ini...

KASN Kawal Pelaksanaan Pengisian Talent Pool ASN

20200812 Rakor Sosialisasi PermenPANRB No. 32020 tentang Manajemen Talenta ASN pada Instansi Daerah Tahap III   JAKARTA – Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi paradigma baru dalam pengelolaan ASN yang menggeser sistem kepegawaian berbasis karier menjadi sistem merit yang instrumennya adalah kinerja, kompetensi, dan kualifikasi. Untuk mengawal regulasi ini, maka UU ASN mengamanatkan Komisi ASN (KASN) sebagai lembaga nonstruktural yang mandiri dan...

Wapres RI: Bangun Birokrasi DNA Baru dengan Penyederhanaan Struktur

20200811 Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi 11 Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi yang diadakan secara virtual, Selasa (11/08).   JAKARTA – Wakil Presiden RI K. H. Ma’ruf Amin mengajak seluruh instansi pemerintah untuk menjadikan penyederhanaan birokrasi sebagai momentum untuk membangun birokrasi berkelas dunia. Birokrasi berkelas dunia ini disebut Wapres sebagai...

Kementerian PANRB Beri Rekomendasi Pemprov Kalbar untuk Optimalisasi Pengaduan Masyarakat

20200813 Review Tindak Lanjut SP4N LAPOR tahun 2020 1 Asisten Deputi bidang Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik M. Imanuddin pada video conference Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! tahun 2020, Kamis (13/08).   JAKARTA – Sebanyak 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat telah terhubung dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). Keterhubungan pemda...

Gandeng Gendong Mengentaskan Kemiskinan Kota Yogyakarta

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020  JAKARTA – Kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masih menjadi isu strategis di Kota Yogyakarta. Faktor yang menjadi penyebab adalah rendahnya daya saing pelaku usaha kecil serta belum ada sinergi keterpaduan antar-program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tahun 2018 Pemerintah Kota Yogyakarta menginisiasi sebuah inovasi program baru, yaitu Gandeng...

Kenali Perbedaan Manajemen Talenta dengan Manajemen SDM

20200811 Rakor dan Sosialisasi PermenPANRB No. 3 2020 1 Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko dalam acara Rapat Koordinasi dan Sosialiasi PermenPANRB No. 3/2020 tentang Manajemen Talenta ASN Tahap III secara virtual, Selasa (11/08).   JAKARTA – Manajemen talenta bagi aparatur sipil negara (ASN) memiliki peran krusial dalam menjalankan roda pemerintahan. Walaupun merupakan bagian dari...

Atur Konsumsi Cairan Pasien Hemodialisa dengan Singa Lahir

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Pasien hemodialisa diharuskan membatasi jumlah cairan yang masuk setiap harinya untuk mengurangi penumpukan, namun seringkali pasien tidak memperhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk mengatasi hal ini, RSUD Dr. Moewardi menciptakan Singa Lahir atau Aplikasi Pengaturan Jumlah Cairan. “Singa Lahir dapat membantu pasien untuk menentukan batasan...

RM Papeda Jadi Backbone Sinergisitas Komunikasi Situasi Darurat di Kab. Jayapura

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020    JAKARTA – Inovasi Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai (RM Papeda) dari Kepolisian Resor Jayapura kembali unjuk gigi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020. Sebelumnya, RM Papeda hanya berfokus pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat, seiring perkembangannya RM Papeda juga menjadi backbone sinergisitas komunikasi di saat situasi darurat...

Cara Korpolairud Baharkam Polri Cegah Pencurian di Atas Kapal

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Tingginya kejadian pencurian di atas kapal saat belabuh, membuat beberapa wilayah perairan Indonesia dirasa tidak aman untuk pelayaran. Hal ini menginisiasi Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Kepolisian Republik Indonesia membuat inovasi program Quick Response Pencegahan Pencurian di atas Kapal Pada Area kapal...

Peresmian Satpas SIM Polres Indramayu Dipadu dengan Giat Merawat Kebhinekaan

20200812 Peresmian Satpas SIM Indramayu 1Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara peresmian Satpas SIM Polres Indramayu, di Indramayu, Rabu (12/08).    JAKARTA – Polres Indramayu baru saja meresmikan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM. Resminya Satpas SIM Polres Indramayu diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan SIM yang optimal, terutama di masa...

Pemerintah Segera Luncurkan Aplikasi Umum di Akhir Tahun

20200812 Pemerintah Segera Luncurkan Aplikasi Umum di Akhir Tahun 1   JAKARTA – Strategi transformasi digital dilakukan melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE. Caranya dengan membangun tata kelola di bidang administrasi pemerintahan yang terpadu melalui pembangunan aplikasi umum yang terintegrasi. Aplikasi umum tersebut adalah aplikasi umum di bidang manajemen kegiatan...

Keterhubungan SP4N-LAPOR! Provinsi Sumsel Capai Seratus Persen

20200811 SP4N LAPOR Provinsi Sumsel 1  JAKARTA – Pengelolaan pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) telah dimplementasikan di 18 instansi pemerintah Sumatra Selatan. Saat ini tingkat keaktifan instansi pemerintah di Sumatra Selatan mencapai 100 persen, artinya seluruh instansi sudah mengelola pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR!. “Jika dilihat dari...