Kementerian PANRB Siapkan Regulasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik

20200429 Pelayanan Publik Berbasis Elektronik 1   JAKARTA – Sistem pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, harus terus beradaptasi dengan perkembangan dunia digital yang pesat. Atas dasar itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan regulasi yang akan mengatur tentang pelayanan publik berbasis elektronik atau e-services. Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menerangkan,...

Kementerian PANRB Dorong Pemda Adakan Forum Konsultasi Publik

20200429 Dorong Pemda adakan FKP 3 Bimbingan Teknis Daring Kebijakan Pelayanan Publik Wilayah III, Rabu (29/04).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus mendorong instansi pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam peningkatan pelayanan publik. Untuk itu, setiap unit layanan diminta untuk mengadakan Forum Konsultasi Publik (FKP) guna perbaikan dan peningkatan pelayanan publik....

Siap Ikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, BPOM Kumpulkan 121 Inovasi

20200428 Siap Ikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik BPOM Kumpulkan 121 Inovasi 1   JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan tekadnya dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2020. Mereka mengumpulkan serta mengelola inovasi internal dari setiap unit kerja, yang nantinya akan diikutkan dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut. Plt. Sestama BPOM Elin...

Instansi Pemerintah Diminta Untuk Lakukan Penilaian Mandiri Pelayanan Publik

20200427 Bimtek Wil I 1 Konferensi video terkait Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian F01 Tahun 2020 di Wilayah I, Senin (27/04).   JAKARTA – Akibat wabah Covid-19, harus ada penyesuaian pelaksanaan kegiatan pemerintah salah satunya evaluasi pelayanan publik yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa...

Menteri PANRB Ingin Peserta Pelatihan Kepemimpinan Wujudkan Pemerintahan yang Lincah

20200429 Pembukaan PKN Tingkat I 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam acara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV (45) Tahun 2020 secara daring, di Jakarta, Rabu (29/04)   JAKARTA – Pemimpin harus mampu memperkuat jejaring, kolaborasi, dan sinergi dengan instansi lain. Ini merupakan karakter penting future civil service. Karakter tersebut juga merupakan ciri...

Pelayanan Publik Harus Adaptif dengan Dinamika Perubahan

20200428 Pelayanan Publik Harus Adaptif dengan Dinamika Perubahan 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam video conference Bimbingan Teknis Pengisian Formulir Evaluasi Pelayanan Publik Lingkup kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020, Selasa (28/04).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong unit penyelenggara pelayanan publik agar adaptif...

Tahun Ini, Kementerian PANRB Tetap Lakukan Evaluasi Pelayanan Publik

20200427 Ngulik 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Ngulik, Senin (27/04).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berkomitmen untuk tetap melakukan evaluasi pelayanan publik di tahun 2020. Dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah perlu menyiapkan langkah-langkah antisipasi dalam pelaksanaannya. Melalui Ngulik (Ngobrol Urusan Pelayanan Publik),...

Kementerian PANRB Matangkan Roadmap SP4N Tahun 2020-2024

20200428 Kementerian PANRB Matangkan Roadmap 2020 2024 1 Video Conference Tindak Lanjut Pemantauan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berdasarkan Platform Nasional LAPOR! Tahun 2019 Pemerintah Provinsi, Selasa (28/04).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyusun peta jalan atau roadmap Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Tahun 2020-2024. Roadmap kedepan akan mencakup...

Kementerian PANRB Dorong Pemda Susun Standar Pelayanan Serta Sarana Bagi Kaum Disabilitas

20200428 Kementerian PANRB Dorong Pemda Susun Standar Pelayanan Serta Sarana Bagi Kaum Disabilitas 1   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong setiap unit organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyusun serta menerapkan standar pelayanan. Unit penyelenggara juga diminta untuk membentuk Forum Konsultasi Publik (FKM), Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), serta membangun sarana prasarana bagi kaum rentan. “Serta kami harapkan OPD dapat...

Asah Kemampuan Menulis Lewat Bincang Inspirasi ASN Bersama Maman Suherman

20200427 Bincang Inspirasi ASN Edisi Kedua JAKARTA – Produktif dengan Menulis, diangkat menjadi seminar daring atau webinar Bincang Inspirasi ASN. Webinar edisi kedua yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini, tayang pada Selasa, 28 April 2020 pukul 15.30 WIB. Peserta akan belajar dari narasumber yang merupakan penggiat literasi sekaligus penulis senior Maman...

Manfaat Bagi Masyarakat, Bukti Keberhasilan Reformasi Birokrasi

20200428 video conferen pak menteri 1 Video conference pemberian materi kepada peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LX Tahun 2020 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas RI), Selasa (28/04).   JAKARTA – Reformasi birokrasi yang dijalankan instansi pemerintah harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, tidak sekadar menjamin bahwa program-program tersebut terlaksana. Lebih dari itu, Presiden Joko Widodo...

Kunci Sukses Wujudkan Zona Integritas

20200428 Kunci Sukses Wujudkan Zona Integritas   JAKARTA - Pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) merupakan miniatur penerapan reformasi birokrasi di Indonesia. Ada lima strategi yang merupakan kunci untuk menyukseskan pembangunan zona integritas, salah satunya adalah komitmen. Menurut Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat Kementerian Pendayagunan...

Ngulik Perdana Bahas Strategi Pelayanan Publik Selama Pandemi

20200427 Ngulik Perdana Bahas Strategi Pelayanan Publik Selama Pandemi 1 Koordinasi daring dengan penyelenggara pelayanan publik di Wilayah III melalui video conference bertajuk Ngulik (Ngobrol Urusan Pelayanan Publik), Senin (27/04).   JAKARTA – Untuk menjamin kualitas pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Pelayanan Publik menyelenggarakan koordinasi daring dengan penyelenggara pelayanan publik di Wilayah III...