Menghilangkan Praktik Kolusi dalam Pengadaan Obat dengan Mangan Mendoane Rini

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Hampir seribu orang yang berkunjung setiap harinya ke RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan logistik di rumah sakit, khususnya obat dan alat habis pakai (AHP). Kondisi ini mendorong celah terjadinya kolusi antarpihak dan inefisiensi anggaran dalam pengadaan obat dan AHP. Untuk mengatasi hal ini,...

Pastikan Subsidi Listrik Rumah Tangga Tepat Sasaran Melalui Aplikasi Peduli

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Masih ada sebagian masyarakat yang belum mendapatkan haknya menerima subsidi listrik. Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengembangkan inovasi Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik (Peduli), untuk memastikan kepesertaan subsidi listrik tepat sasaran bagi pelanggan rumah tangga. Inovasi ini memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan...

MAN de MOTEFA, Mencetak Lulusan Madrasah Aliyah yang Siap Kerja

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Dunia kerja mensyaratkan sumber daya manusia yang mempunyai suatu keterampilan. Hal ini disadari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kulon Progo yang harus menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap memasuki dunia kerja. Pasalnya, data internal lulusan siswa MAN 2 Kulon Progo setiap tahunnya menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil...

81 Persen Aduan Pelayanan Publik di Jawa Timur Terselesaikan

20200722 81 Persen Aduan Pelayanan Publik di Jawa Timur Terselesaikan 1 Tangkapan layar paparan dalam Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! Tahun 2020 Provinsi Jawa Timur virtual, Rabu (22/07).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memantau serta mengevaluasi pelaksanan pengelolaan pengaduan di Jawa Timur, termasuk kabupaten dan kota di wilayahnya. Hasilnya, pengaduan yang dikelola melalui aplikasi Layanan Aspirasi...

Provinsi Jabar Tindaklanjuti 89 Persen Aduan Masyarakat

20200724 Review Tindak Lanjut SP4N LAPOR Tahun 2020 pada wilayah Provinsi Jawa Barat 3   JAKARTA – Upaya memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat ditunjukkan pemerintah daerah, salah satunya Provinsi Jawa Barat. Jabar telah melakukan tindak lanjut aduan masyarakat pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Provinsi Jabar tercatat berhasil menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui kanal SP4N-LAPOR! sebesar...

SiPakde-ATIGA, Inovasi Kemenkeu yang Mempersingkat Waktu Impor

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Beberapa kelemahan terdeteksi ketika proses klaim bea masuk preferensi menggunakan dokumen fisik ASEAN Trade In Goods Agreement (ATIGA). Salah satu kelemahannya adalah kontainer sering tertahan di pelabuhan karena importir menunggu dokumen fisik dari negara eksportir. Untuk efisiensi waktu, Kementerian Keuangan menciptakan inovasi bernama SiPakde-ATIGA. SiPakde-ATIGA merupakan singkatan...

Pentingnya Pengembangan Kompetensi Terhadap Kinerja ASN

20200722 Pentingnya Pengembangan Kompetensi Terhadap Kinerja ASN 1   JAKARTA – Kompetensi aparatur sipil negara (ASN) berperan penuh dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman yang dinamis. Kompetensi tersebut dapat berpengaruh dan berdampak buruk terhadap kinerja organisasi, apabila kompetensi yang dimiliki oleh ASN tidak dikembangkan. Asisten Deputi Manajemen Karir dan Talenta Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara...

Praja IPDN Diminta Memperkaya Ilmu

20200723 Kuliah Umum Mahasiswa IPDN Angkatan XXVII 3 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat memberikan kuliah umum bagi praja utama calon wisudawan IPDN angkatan XXVII, di Jakarta, Kamis (23/07).   JAKARTA – Calon wisudawan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) diminta untuk mempelajari ilmu-ilmu lain di luar materi yang didapat selama masa perkuliahan. Demikian...

Permudah Akses Informasi Statistik Melalui Bikin Asik

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Dampak perkembangan internet yang kian pesat memunculkan fenomena big data yang merangkum data dari berbagai sumber. Akibatnya muncul berbagai permasalahan, salah satunya keluhan pengguna data terkait perbedaan (dispute) antar penghasil data. Menjawab permasalahan pelayanan publik tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengembangkan inovasi jamBI terKINi dalam...

Kementerian PANRB Pacu Layanan Imigrasi Jadi Percontohan Pelayanan Kaum Rentan

20200721 Kunjungan Kerja ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (21/07).   WONOSOBO – Menjadi salah satu unit layanan publik yang sangat diperlukan masyarakat, membuat layanan keimigrasian didorong untuk menjadi percontohan (role model) dalam pelayanan publik yang ramah terhadap...

Gencarkan Pelayanan Publik Di Tanah Kelahiran Kartini

20200723 MPP Jepara 4 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa apresiasi hadirnya MPP Jepara, Jawa Tengah, Kamis (23/07).   JEPARA – Mal Pelayanan Publik (MPP) telah beroperasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sejak April tahun 2020. Hadirnya pusat pelayanan modern di tanah kelahiran R.A Kartini itu...

Kementerian PANRB Apresiasi Layanan Drive Thru SIM di MPP Batang

20200722 Kementerian PANRB Apresiasi Layanan Drive Thru SIM di MPP Batang 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan penghargaan kepada Bupati Batang Wihaji atas komitmennya dalam mewujudkan MPP Kabupaten Batang, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (22/07).    BATANG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian bidang Pelayanan Publik mengapresiasi inovasi layanan drive thru...

Tahap Akhir Kompetisi, Siapakah Peraih Top 45 dan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik 2020?

20200721 Tahap Akhir Kompetisi Siapakah Peraih Top 45 dan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Ketua Tim Panel Independen KIPP 2020 J.B Kristiadi (kiri) dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa (kanan) saat penyerahan hasil rekapitulasi penilaian Top 99 dan 15 Finalis Kelompok Khusus KIPP 2020.    JAKARTA – Tahap presentasi Top 99 dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)...