Inovasi Pelayanan Publik Menjawab Tantangan Adaptasi Kebiasaan Baru

20200831 Inovasi Pelayanan Publik Menjawab Tantangan 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Webinar Nasional Administrasi FISIP Universitas Udayana, Minggu (30/08).   JAKARTA – Inovasi atau terobosan pada bidang pelayanan publik sebaiknya tidak berhenti dilakukan selama masa krisis seperti pandemi Covid-19 saat ini. Bahkan, inovasi bisa menjawab tantangan pelayanan publik di era adaptasi kebiasaan...

Konsultasikan Kesehatan di Kabupaten Nganjuk dengan Kelink Emas

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Keterbatasan jumlah tenaga kesehatan yang terjadi di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Nganjuk, membuat akses kesehatan belum mampu menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Beberapa pasien berharap selain mendapat pelayanan kesehatan bisa konsultasi leluasa dengan petugas kesehatan. Namun karena keterbatasan waktu pelayanan dan jumlah pasien yang banyak konsultasi menjadi kurang efektif....

Kualitas Pelayanan Publik Jadi Cerminan Wajah Birokrasi

20200828 mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI 3 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (28/08).   SURAKARTA – Sebagai salah satu skala prioritas visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, reformasi birokrasi terus digencarkan di Indonesia. Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi inti dalam kesuksesan reformasi...

Ciptakan Sekolah Bermutu Lewat Kolaborasi Tiga Inovasi

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Sebagian besar sekolah di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2014 dalam keadaan gersang, kotor, tidak ramah lingkungan, dan tandus. Melalui inovasi Program Cerdas, Opung Sari Basah Bang, Mesra Bertuah: Mewujudkan Desa Satu (Deli Serdang Sekolah Bermutu), Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang melakukan pembangunan bidang pendidikan berwawasan lingkungan....

Wujudkan Transportasi Ramah Perempuan dan Anak di Kaltim dengan Ojol Berlian

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Timur menginisiasi inovasi pelayanan publik responsif gender yang dinamakan dengan Ojek Online Bersama Lindungi Anak atau disingkat Ojol Berlian. Digagasnya inovasi Ojol Berlian ini dilatarbelakangi adanya beberapa temuan di masyarakat terkait dengan anak dan perempuan. Pertama, perempuan dan...

Tekan Kematian Ibu dan Bayi dengan Si Beres Natuna

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Masyarakat di Kabupaten Natuna 'dihantui' persalinan yang menakutkan dengan fasilitas kesehatan. Disamping itu, mereka juga dihadapkan pada biaya mahal serta jarak jauh. Untuk itu, Pemkab Natuna berupaya menghadirkan pelayanan bersalin yang aman dan nyaman secara cuma-cuma yang diikuti dengan berbagai layanan gratis lainnya dengan inovasi Si Beres...

Menteri Tjahjo: Korpri Harus Jadi Penggerak Perubahan

20200827 Webinar Peran KORPRI 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat menjadi pembicara dalam Webinar Korpri dengan tema Peran Korpri dalam Mewujudkan ASN yanh Profesional, Modern, dan Produktif di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru secara virtual, Kamis (27/08).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, mengatakan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)...

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pandeglang Siap Diresmikan

20200830 MPP Pandeglang 1 Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pandeglang   PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang akan memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Provinsi Banten. Pusat pelayanan modern ini akan memberikan layanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman bagi masyarakat Pandeglang. MPP Pandeglang akan diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)...

MPP Surakarta, Picu Birokrasi Berlari dari Zona Nyaman di Masa Pandemi

20200828 Peresmian MPP Jend Sudirman Kota Surakarta 1 Menteri PANRB Tjaho Kumolo dalam peresmian MPP Jenderal Sudirman Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (28/08).   SURAKARTA – Mal Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman Kota Surakarta, telah diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Lahirnya MPP memaksa birokrasi untuk berlari dari zona nyaman, terutama di saat...

Provinsi Sumatra Utara Didorong Aktif Kelola Aduan Pelayanan Publik

20200827 Provinsi Sumtra Utara Didorong Aktif Kelola Aduan Pelayanan Publik 1   JAKARTA – Sebanyak 29 instansi pemerintah di Provinsi Sumatra Utara telah mengimplementasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). Namun, hanya 56 persen dari laporan yang masuk dikelola dengan baik. Untuk itu, instansi pemerintah di Sumatra Utara diminta untuk segera menindaklanjuti aduan...

Mengenal Garda Terdepan Komunikasi Pemerintah melalui Pranata Humas

20200830 Career and Talent Talk 2   JAKARTA – Jabatan fungsional Pranata Humas merupakan salah satu jabatan strategis yang dimiliki pemerintah. Sebagai Government Public Relations (GPR), jabatan fungsional yang lahir pada tahun 2001 ini memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan informasi dan kehumasan kepada masyarakat. Pranata Humas Ahli Muda Kementerian Komunikasi dan Informatika Asriani Sri Wahyuni...

‘Resep’ Kabupaten Pekalongan Tekan Angka Kemiskinan

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Kemiskinan masih menjadi isu strategis pada Kabupaten Pekalongan. Berbagai upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan dirasa belum optimal. Wilayah Kabupaten Pekalongan terbagi menjadi tiga tipologi yaitu daerah pesisir, perkotaan dan pegunungan, dimana kemiskinan terjadi pada semua tipologi tersebut dengan karekteristik yang berbeda. Tercatat ada 99 desa berstatus hijau, 119...

Pemkot Palembang Penuhi Hak Pendidikan Anak Jalanan dan Putus Sekolah dengan Poltabes

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Angka kasus putus sekolah di Kota Palembang pada tahun 2018 masih menunjukkan jumlah yang cukup tinggi, yaitu mencapai 1.278 kasus (17 persen dari jumlah kasus yang ada di Sumatra Selatan). Banyaknya anak putus sekolah dan yang tidak bersekolah menyebabkan masih sering ditemukan anak-anak tereksploitasi, berada di jalanan,...