Pin It

20201120 Wawancara Nomine The Future Leader

Salah satu nomine The Future Leader Wahyu Saefudin dari Balai Pemasyarakatan Pontianak saat sesi tanya jawab dalam wawancara The Future Leader, secara virtual, Jumat (20/11)

 

JAKARTA – Seleksi wawancara Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020 memasuki hari terakhir. Kali ini, sepuluh nomine The Future Leader yang berasal dari instansi pusat dan daerah tampil mempresentasikan terobosan dan torehan prestasinya dihadapan dewan juri, secara virtual pada Jumat (20/11).

Kategori yang ada sejak tahun 2019 ini sedikit berbeda dengan kategori-kategori lain yang ada dalam Anugerah ASN. Berbeda dengan kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dan PNS Inspiratif yang lebih menyoroti seberapa besar dampak inovasi yang dihasilkan kepada masyarakat secara luas, kategori The Future Leader lebih menyoroti bakat kepemimpinan yang dimiliki oleh ASN-ASN muda yang berpotensi untuk menjadi pemimpin masa depan pemerintahan Indonesia.

Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko mengharapkan, melalui kategori The Future Leader dapat terjaring para ASN muda dengan bakat kepemimpinan yang menonjol, inovatif, dan mampu turut menggerakkan organisasi. “Serta mempunyai visi ke depan yang sejalan dengan visi organisasi dan bangsa,” ujarnya saat membuka Seleksi Wawancara The Future Leader.

 

20201120 Wawancara Nomine The Future Leader 2

 

Sepuluh nomine The Future Leader yang terpilih ke dalam seleksi wawancara, yaitu Ajeng Arum Sari dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Arif Rahman Nurdianto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Ditto Ferakhim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Edrida Pulungan dari Dewan Perwakilan Daerah RI, Erikson Wijaya dari Kementerian Keuangan, Ganjar Setya Pribadi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Gilang Adi Nugroho dari Kementerian Perdagangan, Muhammad Rifki Al Habib dari Kementerian Keuangan, Stefany Fernandez dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang, serta Wahyu Saefudin dari Balai Pemasyarakatan Pontianak.

Sama seperti wawancara kategori PPT Teladan dan PNS Inspiratif, pada tahapan wawancara ini peserta diberikan waktu 20 menit, yakni lima menit untuk presentasi dan 15 menit untuk sesi tanya jawab dengan para juri. Pada sesi presentasi, para nomine memaparkan profil pribadi, profil instansi, deskripsi tentang inovasi, tantangan dalam inovasi, dan rencana jangka panjang. 

Pada tahun 2020, Kementerian PANRB menerima 142 usulan The Future Leader yang berasal dari masyarakat/lembaga pemerintah/lembaga non pemerintah/organisasi profesi atau organisasi lainnya. Untuk diketahui, kategori The Future Leader diperuntukkan bagi PNS yang menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional dengan usia maksimal 38 tahun, dimana inovasi/prestasi/karyanya mendukung tugas pokok dan fungsi jabatannya. (del/HUMAS MENPANRB)