Pin It

20210113 JPT Madya 1

 

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar seleksi terbuka untuk mengisi tiga jabatan pimpinan tinggi (JPT) Madya. Berbeda dari sebelumnya, tidak hanya dapat diikuti oleh para pegawai negeri sipil (PNS), kini kalangan non-PNS pun dapat berpartisipasi dalam seleksi terbuka ini.

Jabatan yang dapat diisi oleh PNS dan non-PNS tersebut adalah Deputi bidang Sumber Daya Manusia Aparatur. Sementara jabatan Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan serta Staf Ahli bidang Politik dan Hukum hanya dapat diisi oleh PNS.

Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 12 hingga 18 Januari 2021. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://daftar.menpan.go.id dengan mengunggah dokumen administrasi yang disyaratkan dalam bentuk soft copy. Hal tersebut tercantum dalam Surat Pengumuman No. B/12/KP.12/2021 tentang Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian PANRB Tahun 2021.

Setiap partisipan dalam seleksi terbuka ini maksimal berusia 58 tahun pada 1 Maret 2021. Memiliki kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap calon peserta.

Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan, dari kalangan PNS setidaknya Sarjana atau Diploma IV, namun diutamakan untuk yang berpendidikan terakhir pascasarjana atau magister. Syarat lain bagi PNS diantaranya memiliki pangkat sekurang-kurangnya Pembina Utama Muda (IV/c), telah lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II, serta telah menyerahkan LHKPN tahun 2019.

 

20210113 JPT Madya 2

 

Lebih lanjut, bagi PNS yang ingin mendaftar harus memiliki pengalaman jabatan pada bidang tugas jabatan yang akan diduduki secara kumulatif minimal selama tujuh tahun. PNS yang sedang atau pernah menduduki JPT Pratama atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat dua tahun juga dapat berpartisipasi dalam seleksi kali ini.

Sementara untuk non-PNS, diharuskan memiliki pendidikan terakhir pascasarjana atau magister. Sedang atau pernah menjadi Board of Directors (BoD) perusahaan berskala nasional atau internasional menjadi salah satu syarat utama mengikuti seleksi ini. Setidaknya, pelamar juga harus memiliki 10 tahun (kumulatif) pengalaman jabatan dalam bidang tugas jabatan yang akan diduduki.

Ketentuan lain yang harus dipenuhi bagi non-PNS diantaranya adalah calon peserta bukan merupakan anggota pengurus partai politik selama lima tahun terakhir dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara RI, ataupun pegawai swasta.

Perlu diingat bahwa para peserta seleksi hanya dapat melamar pada satu jabatan. Berkas lamaran yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui laman https://menpan.go.id. Diharapkan para peserta seleksi dapat aktif mengakses laman tersebut.

Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Untuk itu, Kementerian PANRB mengimbau para peserta untuk tetap waspada dan berhati-hati atas upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini. (nan/HUMAS MENPANRB)  Informasi lebih lengkap, dapat dilihat pada tautan: https://tinyurl.com/SeleksiJPTMadya