







Foto : HUMAS MENPANRB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berpartisipasi pada 3rd Asia Pacific Governance Forum on Public Administrative Services yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Korea Policy Centre (KPC) dan Office of the Public Sector Development Commission (OPDC) di Bangkok, Thailand, Kamis (18/11/2025). Kegiatan ini menjadi momentum penting proses aksesi Indonesia ke OECD dengan memperkuat kerja sama dan mengambil praktik baik dari negara-negara di Asia Tenggara untuk meningkatkan pelayanan publik.
Pada kegiatan ini, Indonesia diberikan kesempatan yang sangat berharga untuk berbagi pengalaman pada sesi diskusi dengan tema “Bagaimana Mengukur Kinerja Pelayanan Publik dan Kepuasan Masyarakat”. Asisten Deputi Partisipasi Pemberdayaan Publik Kementerian PANRB Insan Fahmi menegaskan bahwa untuk mewujudkan kualitas pelayanan publik yang prima, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mendengarkan aspirasi dari masyarakat.
Di kesempatan ini pula Indonesia melakukan diskusi bilateral bersama dengan Thailand untuk membahas terkait kerja sama lintas-batas antar negara dalam konteks mendorong pelayanan publik yang human-centered dan inovatif. Turut hadir perwakilan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Rustan Amarullah sebagai salah satu delegasi dari Indonesia; perwakilan OECD Conor Das-Doyle; perwakilan KPC Suki Kim; perwakilan OPDC Natta Bachaiyud; serta perwakilan dari negara-negara lain seperti Malaysia, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, Korea, Vietnam, Spanyol serta Thailand selaku tuan rumah.







