Foto: asy/HUMAS MENPANRB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), di Jakarta, Senin (15/9/2025). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.
Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Publik Kementerian PANRB Insan Fahmi menyampaikan, forum ini menjadi wadah untuk menyamakan persepsi antar-instansi dalam optimalisasi pengelolaan LAPOR!. Dijelaskan, LAPOR! terus dikembangkan untuk lebih responsif terhadap kebutuhan publik dan memanfaatkan data pengelolaan pengaduan sebagai bahan evaluasi dalam mengakomodir kebijakan yang selaras dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat.
Materi kegiatan disampaikan oleh tim Asisten Deputi Partisipasi Pelayanan Publik Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB. Adapun peserta hadir terdiri dari 48 perwakilan kementerian dan lembaga prioritas lokus penyelenggaraan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2025.