Berita Terkini

20170428 payakumbuh
29.Apr.2017

Menteri PANRB : Jangan Ada Lagi PNS yang Hanya Takut Absen

Menteri Asman Abnur memberikan pengarahan dalam temu ramah dengan walikota dan ASN Kota Payakumbuh, Sabtu (29/04).…
Default Image
29.Apr.2017

Menteri Asman Dorong Pemda di Sumbar Perbaiki Akuntabilitas Kinerja

BUKIT TINGGI - Menteri PANRB Asman Abnur mengajak Walikota dan jajaran Aparatu Sipil Negara (ASN) Kota Bukit Tinggi…
20170428 Palembang 1
28.Apr.2017

Menteri PANRB Apresiasi Inovasi Polisi Wong Kito

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana (Balaks) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi…
Default Image
28.Apr.2017

Menteri Targetkan Pemkot Padang Raih Nilai A

PADANG - Dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2016 yang dilakukan…
20170428 padang pariaman 4
28.Apr.2017

Walaupun Sudah Baik, Sumbar Harus Tetap Lakukan Perbaikan Berkelanjutan

Menteri Asman saat beraudiensi dengan Gubernur dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sumatera Barat di Padang, Jumat…
20170428 helikopter 1
28.Apr.2017

Naik Helikopter ke Pakpak Bharat Jadi Pengalaman Bersejarah Menteri Asman

Pilot helikopter wefie bersama Menteri PANRB Asman Abnur dan Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi saat perjalanan menuju…
20170428 Padang pariaman
28.Apr.2017

Padang Pariaman Perlu Lakukan Berbagai Perbaikan

Menteri Asman saat beraudiensi dengan Bupati dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (28/04).…
20170427 Audiensi ASN Dairi2
28.Apr.2017

Menteri Asman Beri Target Kabupaten Dairi Raih Nilai B

Menteri Asman melakukan audiensi bersama Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang beserta seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat…
 

Ujicoba R-PERMENPAN RB Standar Pelayanan Publik di Kab. Kudus

Pin It

Ujicoba Rancangan PERMENPAN RB Tentang Juknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan Publik, acara bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus. Adapun acara pembukaan disampaikan oleh Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Kudus yaitu Bpk. Drs. Pramono, MM. dan Bpk. Drs. F. Mewengkang, MM.


Latar belakang dari R-PERMENPAN RB ini adalah adanya tuntutan masyarakat tentang pelayanan yang berkualitas; memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat dan pihak terkait;  serta adanya standar pelayanan di tiap unit sebagai jaminan dan kepastian pelayanan.

Dasar hukum UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, antara lain : Pasal 15 huruf (a) Penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan; Pasal 20 ayat (1) Penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan dengan memperhatikan kemampuan penyelenggara, kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan. Ayat (2) Dalam menyusun dan menetapkan standar pelayanan, penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait.

Penyelenggara pelayanan publik terdiri dari (Pasal 1 ayat 1) : Instansi Penyelenggara Negara, BUMN/BUMD, Lembaga Independen, Swasta/Organisasi Masyarakat yang melaksanakan “misi negara karena UU”.

 

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : .
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24