Sedekah 1 Juta Bibit di Surabaya

Pin It

20170413 risma

Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat ikut kerja bhakti di Taman Bungkul


SURABAYA- Untuk kali pertama di Kota Surabaya digelar kegiatan sosial 'Nandur dan Sedekah Sejuta Bibit Cabai'. Kegiatan bertema 'Surabaya Pedes' ini digagas oleh Komunitas Bicara Surabaya. Sebuah komunitas yang anggotanya dari berbagai profesi ini menggandeng Pemerintah Kota Surabaya, Polrestabes Surabaya dan Kejari Surabaya serta beragam komunitas. Mereka antara lain: Komunitas Love Suroboyo, Tunas Hijau, Karang Taruna Surabaya dan sejumlah PR Hotel di Surabaya serta kader penggerak lingkungan.

Kegiatan itu diselenggarakan pada 15-17 April 2017. Pembukaan dilakukan oleh Kapolrestabes Surabaya Kombespol M Iqbal di Taman Bungkul pada Pk 10.00 Wib. "Setelah ceremony langsung dilakukan sedekah ribuan bibit kepada penumpang bus kota dan angkot di depan Taman Bungkul," terang Yuyun Arbaiyah, Koordinator Humas Panitia #SurabayaPedes kepada wartawan, Rabu (12/4/2017).

Selain di Taman Bungkul, panitia dan para anggota komunitas yang terlibat dibagi ke dua lokasi lainnya yaitu di Perempatan Jl Raya Darmo-dr Sutomo dan Jl Panglima Sudirman, tepatnya di timur Monumen Bambu Runcing. Kegiatan pembagian bibit ini yang juga melibatkan personil kepolisian dan Satpol PP Kota Surabaya ini didukung oleh Pakuwon Grup, Honda Surabaya Center, PGN, Bank Jatim, PDAM Surya Sembada, PIOS, NAV Karaoke Keluaraga, Pelindo III serta Agro Inovasi dan Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim. "Di dua lokasi ini pada jam 11.00 sempai selesai secara serentak juga sedekah bibit. Tiga lokasi, termasuk yang di Bungkul jumlah keseluruhan puluhan ribu bibit yang dibagi," kata Yuyun.

Sore harinya, di Taman Surya Balai Kota Surabaya juga dilakukan pembagian hampir 100 ribu bibit untuk 31 kecamatan. Nantinya setiap kecamatan membaginya ke kelurahan-kelurahan di wilayahnya. "Yang kita sedekahkan ini bibit dan benih cabai. Kita ingin sebagian besar kampung di kota ini bertebaran tanaman cabai," tambahnya.

Di hari kedua, Minggu (16/4/2017), kembali panitia dan komunitas akan menebar ribuan bibit di Car Free Day di Jalan Tunjungan pada pukul 07.00 -selesai. "Polwan dan anggota Satpol wanita yang cantik-cantik juga akan keliling CFD dan blusukan ke Kampung Ketandan untuk membagikan bibit. Bagi yang ingin mendapatkan bibit bisa ke lokasi CFD dan di hari pertama di tiga tempat itu," jelasnya.

Selama Sabtu dan Minggu juga digelar penanaman bibit cabai di stren Sungai Kalimas di Jl Irian Barat, sekitar eks Kolam Brantas. Kawasan itu akan disulap Pemkot Surabaya menjadi kebun cabai dan pusat edukasi bercocok tanam. Puncaknya pada Senin (17/4/2017) Pk 15.00 Wib-Selesai, Wali Kota Tri Rismaharini didampingi Kapolrestabes Surabaya kombespol M Iqbal dan Kejari Surabaya Didik Farkhan Ausyahd serta komunitas akan nandur bareng bibit cabai di stren sungai di Jl Irian Barat. "Nandur bareng juga diikuti undangan dari pelaku usaha di Surabaya dan sejumlah anggota DPRD Surabaya yang telah ikut peduli dengan kegiatan sosial ini," tambahnya. (PR)

Berita Terkait

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : .
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24