Amankan Lebaran, Walikota Surabaya Gelar Apel Gabungan

SURABAYA - Dalam rangka kesiapan pengamanan malam takbiran dan Salat Idul Fitri, petugas gabungan dari TNI, Polri dan Pemkot Kota Surabaya melaksanakan apel gelar pasukan di Balai Kota Surabaya, Sabtu . (24/6).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hadir bersama jajaran samping, apel bersama 1700 pasukan gabungan ini berlangsung khidmat. Usai apel, Wali Kota Surabaya bersama dengan Kapolrestabes Surabaya menuju ke pasukan untuk bersalaman.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota bersama dengan jajaran samping membahas persiapan pengamanan kota. Termasuk juga membahas takbir keliling, Wali Kota mengimbau kepada warga Surabaya untuk melaksanakan malam takbiran di masjid yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Kami sepakat dan mengimbau, sebaiknya tidak ada takbir keliling dan berlangsung di masjid saja. Hal ini dimaksudkan supaya masjid lebih khusyuk dan menjaga kondusifitas kota,” kata Tri Rismaharini.

Imbauan ini, kata Wali Kota, juga berlaku bagi masyarakat dari luar kota yang ingin melaksanakan takbir keliling di dalam Kota Surabaya. Terkait pengamanan, diakui Wali Kota Surabaya bahwa tahun ini pengamanan yang dilakukan oleh Kapolrestabes dan masyarakat lebih siap.

Menurut Wali Kota, kesiapan ini terkait pelaksanaan pengamanan yang sudah dilakukan bersama tiga pilar yang turun selama satu bulan terakhir. Command Centre 112 selama ini, kata Wali Kota, juga cukup efektif. “Meskipun kemarin ada laporan mengenai kucing,” kata Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan saat pelaksanaan salat ied, dirinya melaksanakannya di Balai Kota bersama dengan masyarakat Surabaya. Selanjutnya, Wali Kota akan mengadakan Open House yang terbuka untuk masyarakat Kota Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya M. Iqbal yang menjadi inspektur apel mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 23 pos pengamanan, 2 pos pelayanan dan 37 pos pantau yang sudah disebar sejak 19 Juni kemarin. “Aparat siap mengamankan malam takbiran dan menjelang hari raya idul fitri,” kata Kapolrestabes Surabaya.

Selain itu, tambah Kapolrestabes, aparat keamanan juga siap untuk mengamankan mudik agar masyarakat bisa melaksanakan mudik secara nyaman dan aman. “Pengamanan mudik ini, baik secara lalu lintas, patrol dan sebagainya,” kata Kapolrestabes.

Tidak hanya dari aparat saja yang melakukan pengamanan untuk masyarakat. Menurut Kapolrestabes, para jajaran samping dan Pemkot Surabaya sudah menerapkan manajemen pengamanan.

“Contohnya saja di Kahuripan. Disana ada pos pengamanan rumah kosong yang sudah ditandai, dan yang mengetahui tanda tersebut hanya petugas yang menjaga. Penjagaan ini karena pemilik rumah juga sudah menitipkan kepada petugas. Kami juga persiapkan penjagaan rumah kosong yang belum dititipkan,” kata M. Iqbal.

Senada dengan Wali Kota, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan malam takbiran di masjid. “Kami sudah berkomunikasi dengan MUI dengan dengan dewan masjid sejak lama, untuk mengadakan malam takbiran di masjid karena lebih bermakna dan lebih khidmat,” katanya. (PR)

 

 

Inovasi dari Pontianak, Pantau Harga Pasar via Smartphone

20170622 walkotpontianak

Walikota Pontianak Sutarmidji dan anggota DPR Syarif Abdullah Alkadrie saat melakukan sidak harga barang kebutuhan pokok di pasar, menjelang Lebaran

 

PONTIANAK - Inovasi pemantau harga kebutuhan pokok melalui aplikasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mendapat apresiasi dari Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie. “Dengan inovasi pemantau harga yang bisa diakses lewat smartphone ini bisa menjadi contoh untuk pengambilan kebijakan di pusat. Adanya aplikasi ini gejolak harga bisa menjadi kondusif,” ujarnya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama Wali Kota Pontianak, Sutarmidji di Pasar Flamboyan dan Pasar Tengah, Kamis (22/6).

Kota Pontianak dinilai legislator asal Kalbar ini lebih maju selangkah dari yang lain. Bahkan, dirinya menyebut inovasi yang digagas Pemkot Pontianak ke depan bisa menjadi acuan dalam kebijakan pengendalian harga. Adanya pemantau harga buat masyarakat bisa langsung melihat harga di banyak tempat sekaligus. Malah kata dia, ada harga yang lebih murah di pasar, ketimbang harga tertera di aplikasi tersebut. "Ini menunjukkan bahwa sistem itu memang harus terkendali, tidak bisa dilepaskan, selama ini kebijakan selalu dilepaskan pada pasar, sehingga pasar menentukan harga," sebut Abdullah.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, jika dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini penataan harga jauh lebih baik terutama saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Lebaran tahun lalu, dikatakannya harga gula pasir berkisar antara Rp16 ribu hingga Rp18 ribu. Sedangkan tahun ini, patokan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp12.500. Demikian pula minyak goreng di harga Rp11.500 tahun ini. Padahal tahun lalu sempat bergejolak hingga Rp15 ribu. Sementara harga daging ayam saat ini dinilainya masih stabil. “Nah,mudah-mudahan dengan adanya pasokan daging beku, daging segar harganya bisa berkisar antara Rp140 ribu – Rp145 ribu. Itu berarti lebih rendah dari tahun lalu,” ungkapnya.

Untuk kebutuhan pokok lainnya, menurut orang nomor satu di Kota Pontianak ini, tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Harga dinilainya stabil sejak sebelum memasuki bulan puasa hingga menjelang Idul Fitri. Sebut saja, bawang putih, awalnya mencapai harga Rp100 ribu perkilogram, begitu dua kali digelarnya operasi pasar komoditas itu, sekarang harganya antara Rp20 ribu – Rp22 ribu saja. “Dan itu masih bisa turun, perkiraan saya harga bawang putih itu akan berada di kisaran Rp20 ribu. Nah, bawang merah itu idelanya Rp25 ribu sampai Rp30 ribu kalau itu akan stabil,” imbuhnya.

Pihaknya berkepentingan dalam pengendalian harga kebutuhan pokok sebab komponen itu untuk menghitung jumlah inflasi. Sutarmidji berharap, lebih banyak lagi komoditi-komoditi yang bisa diatur dan harganya bisa dikendalikan dari pusat. Sebab, kata dia, jika harga itu dibiarkan di pasar itu lebih berbahaya karena tidak ada dasar untuk menindaknya. “Kalau dari pusat mengaturnya, saya bisa menindaknya karena ada dasarnya. Jadi, saya harap semua komoditas bahan pokok HET-nya ditetapkan oleh menteri,” pungkasnya. (PR)

Idul Fitri Tiba, Pemprov Jabar Gelar Sholat Ied dan Open House

 

 

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar Shalat Ied di Lapangan Gasibu Kota Bandung, 1 Syawal 1438 H dan dimulai pada pukul 06.00 WIB. 

Kepala Bagian Publikasi Setda Jawa Barat Ade Sukalsah mengatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) sendiri yang direncanakan bertindak sebagai khotib. “Sedangkan untuk Imam insya Allah akan menghadirkan KH. Cecep Abdullah Syahid dari Pondok Pesantren Al Quran Al Falah,” katanya. 

“Pemerintah Provinsi mengundang secara terbuka kaum muslimin warga Jawa Barat untuk melaksanakan shalat Ied di Lapangan Gasibu, bagi yang membawa kendaraan kami siapkan tiga tempat parkir yaitu di area parkir Gedung Sate, Gedung DPRD dan di area parkir Pudai Jabar," jelas Ade.

Dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Provinsi pun akan menggelar silaturahim lebaran atau open house di kediaman dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Negara Pakuan, Jalan Oto Iskandar Dinata No. 1 Bandung, "Tradisi open house seperti biasanya kita gelar di Gedung Pakuan, terbuka untuk semua kalangan masyarakat dan dilaksanakan selepas Sholat Ied atau pukul 08.30 - 16.00 WIB," tutup Ade. (HUMAS JABAR)

 

ASN Padang Pariaman Selenggarakan I'tikaf

20170622 ASNPDGPARIAMAN ITIKAB

PADANG PARIAMAN - Parit Malintang (20/06/2017). Dini hari Rabu ini (21/06) jam 00.00 WIB, Bupati, Wabup dan Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Padang Pariaman dijadwalkan melaksanakan I'tikaf di Mesjid Agung Syekh Burhanuddin. I'tikaf ini kali keduanya dilaksanakan secara resmi oleh Pemkab setelah sukses diselenggarakan tahun kemaren.

Hari pelaksanaan, sama pada tahun sebelumnya, tiga hari berturut-turut pada Minggu terakhir Ramadhan dan dilaksanakan di tempat yang sama. Kegiatan dimulai tepat jam 00.00 WIB dan berakhir pada jam 05.00 WIB. "Saat I'tikaf, yang dilakukan adalah memperbanyak ibadah zikir, membaca kitab suci Al Quran, bermunajat dan berkomunikasi dengan Allah SWwT," jelas Bupati didampingi Wakil Bupati Suhatri Bur.

Bupati mengingatkan kepada penyelenggara I'tikaf, Bagian Kesra, untuk memberitahukan kepada peserta untuk tidak melakukan kegiatan lain selain kegiatan yang dibolehkan saat I'tikaf.  "Saat I'tikaf, kita lakukan komunikasi dengan Sang Pencipta. Jika ada kegiatan lain seperti berkomunikasi dengan peserta lainnya harap lakukan di luar mesjid supaya peserta lain tidak terganggu," katanya mengingatkan.

Menurut Bupati Ali Mukhni, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan memotivasi Aparatur Sipil Negara di Pemkab Padang Pariaman untuk melipat gandakan pahala dan berkah Ramadhan. "Mari kita manfaatkan waktu yang tinggal tiga hari ini dengan memperbanyak ibadah, zikir dan bermunajat. Semoga kita mendapatkan malam Lailatul Qadar," tukasnya mengakhiri. (PR)

Tradisi Pasang Lampu Gorontalo Tumbilotohe

20170622 bptgotrontalo

GORONTALO - Bupati Gorontalo & Wakil Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo & Fadli Hasan bersama Sekertaris Daerah Hadijah U.Tayeb, Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway pada pelaksanaan Tumbilotohe malam pertama menyalakan lampu di depan Rumah Dinas Bupati sebagai tanda dimulainya tradisi Tumbilotohe.

Hal tersebut diselenggarakan dalam rangka melestarikan budaya semarakan malam ke 27 di bulan suci Ramadhan.

Sebagaimana kita ketahui menurut sejarah, Tumbilotohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo masa lampau yang sudah berlangsung sejak abad ke-15 Masehi. Tradisi ini dilaksanakan pada 3 malam terakhir menjelang Hari raya Idul Fitri tanggal 27 - 30 ramadan.

Dalam rangka itu, tentunya kita menghargai dan menjunjung tinggi budaya sendiri, karena kebesaran dan kemajuan bangsa ini tidak terlepas dari kekayaan dan kemajemukan budaya yang telah hidup dan berkembang sejak lama.

Oleh karena itu, selain mengelola budaya dan melestarikan kebudayaan dengan baik dan profesional. Penting bagi kita memperkokoh ketahanan budaya yang dalam pelaksanaannya melibatkan semua pihak baik pemerintah, pemerhati dan segenap insan seni dan budaya maupun masyarakat luas.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat konsisten untuk mengusung kebudayaan sebagai pancaran keluhuran jati diri, keluhuran tersebut diharapkan mampu memberi inspirasi penggarapan pemahaman dan penghayatan seni dan budaya bagi masyatakat.

Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo selain melaksanakan festival di kecamatan sampai tingkat desa, Festifal Tumbilotohe juga dilaksanakan di pusatkan di pesisir danau limboto. Ini merupakan salah satu cara menonjolkan danau limboto sebagai salah satu Destinasi wisata di Kab.Gorontalo.

Kita perlu menciptakan suasana yang kondusif untuk memperteguh kearifan budaya lokal dan memberi ruang untuk terciptanya karya dan budaya seni lokal.

Pemerintah ingin memgingatkan kembali bahwa kita masih perlu melakukan upaya revitalisasi seni dan budaya. Investasi budaya adalah jangka panjang. Namun tetap efektif dan prospektif karena yang disegarkan,dimekarkan dan digetarkan secara totalitas dari pondasi kemanusiaan mencakup pikiran kreativitas kebanggaan dan martabat daerah kita untuk dipersembahkan bagi kesejahtetaan dan kemasalahatan masyarakat Gorontalo pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Gorontalo lebih khususnya. (PR)

Operasi Ramadniya 2017 di Jabar Libatkan 36 Ribu Personel

 

20170622 Jabar Aher Mudik

 

BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya 2017 di depan Gedung Sate, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Senin (19/6/17) sore. Ada 36.000 personel gabungan terlibat dalam pelaksanaan operasi yang berlangsung selama 16 hari ini. Personel gabungan merupakan unsur kepolisian serta dibantu stakeholder terkait, mulai dari Kementerian/Lembaga terkait, unsur TNI, hingga jajaran Pemerintah Daerah. 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan apel tersebut sengaja digelar sebagai kesiapan Polri dan TNI, serta personel gabungan lainnya dalam menghadapi kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

"Apel sebagai kesiapan bahwa pasukan Polri, TNI yang tergabung dalam tim Operasi Ramadniya 2017, siap mengawal pelaksanaan Idul Fitri, siap mengawal, mengamankan mudik dan arus balik, siap memgawal dan mengamankan pasokan sembako," kata Aher usai menjadi pembina apel gelar pasukan tersebut.

"Termasuk siap mengamankan keadaan, supaya tetap aman, tentram, kondusif, harmonis dalam rangka Idul Fitri 1438 Hijriah," tambahnya.

Dari 36 ribu personel ini 21 ribu diantaranya merupakan pasukan Polda Jawa Barat dan 15 ribu personel berasal dari instansi terkait lainnya. Mereka akan disebar ke seluruh daerah di Jawa Barat, khususnya akan fokus di tiga posko pengamanan untuk titik kemacetan yaitu Cipali, Palimanan, dan Nagreg.

"Kita tentu konsentrasi lebih banyak untuk melakukan pengamanan. Dari kepolisian akan ada pagar betis, sehingga ketika ada persoalan langsung diselesaikan saat itu juga. Karena polisi dan para petugas ada dimana-mana," ujar Aher.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Anton Charliyan mengungkapkan pihaknya akan fokus pada tiga hal, yaitu masalah kemacetan, kecelakaan, dan distribusi pangan atau sembako. Kata Anton, di Jawa Barat ada 16 titik rawan kecelakaan, diantaranya di Puncak dan Cadas Pangeran.

"Untuk distribusi sembako kita ada Satgas Penegakan Hukum dan juga ada Satgas Preventif, itu mengadakan operasi pasar murah. Kerjasama Pemda, Polri, Bulog, dan instansi pemerintah lain yang mengadakan operasi pasar. Diharapkan Jawa Barat dalam menjelang Idul Fitri ini harga-harga bisa terkendali," papar Anton usai apel gelar pasukan.

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Gubernur Ahmad Heryawan, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menekankan, agar seluruh personel memberikan pelayanan secara all out. Tito menginstruksikan agar personel fokus pada titik rawan kecelakaan dan rawan macet, terutama pada puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi pada H-2 Idul Fitri dan puncak harus balik pada H+5 Idul Fitri.

"Untuk itu, pada kesempatan ini saya tekankan kepada seluruh jajaran untuk bekerja secara optimal. Fokus utama dalam menjaga kestabilan harga pangan, pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif, serta keamanan dan kelancaran arus mudik dan arus balik dapat dilakukan secara berimbang," tutur Tito dalam amatnya.

Selain itu, beberapa terobosan juga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para pemudik, seperti keberadaan fasilitas kesehatan/AmbulanceMobile, layanan BBM Mobile, WC umum, bengkel umum, dan layanan mobil derek, serta pendirian pos-pos pelayanan dan pengamanan yang dapat digunakan oleh para pemudik untuk beristirahat.

Operasi terpusat Ramadniya Tahun 2017 akan dilaksanakan selama 16 hari dengan melibatkan total 187.012 personel dari kepolisian, serta dibantu stakeholder terkait, mulai dari Kementerian/Lembaga, unsur TNI, hingga jajaran Pemda.

Pada pelaksanaan Operasi 2016 lalu, jumlah Lakalantas mengalami penurunan sebesar 72 kasus (2,36%) jika dibandingkan dengan 2015, begitu pula dengan korban meninggal dunia yang juga menurun sebanyak 88 jiwa (13,62%).

Namun demikian, data gangguan Kamtibmas pada operasi tahun 2016 mengalami kenaikan sebesar 233 kasus (13,89%) jika dibandingkan dengan tahun 2015. Sedangkan angka kejahatan secara umum juga naik sebesar 164 kasus atau sebesar 10,98%. (HUMAS JABAR)

 

Khawatir Jalur Mudik Kena Bencana? Cek Infonya Di Posko BPBD Jabar

 

 

 20170622

 

BANDUNG – Untuk menjamin kelancaran arus mudik dan balik di daerah Jawa Barat, informasi akurat dan terkini mengenai keadaan lalu lintas serta kondisi jalur sangat diperlukan para pemudik.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jabar membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran (1438 H) yang akan memenuhi kebutuhan warga akan informasi bencana di jalur mudik.

Kepala Pelaksana BPBD Prov Jabar Dicky Saromi menjelaskan Posko yang dibangun berbeda dari rest area biasa, karena pelayanan utama di sini adalah informasi akurat dan terkini mengenai bencana di Jawa Barat yang memiliki peluang mempengaruhi jalur/arus mudik.

“Kami siaga 24 jam dari H-7 sampai H+7 Idul Fitri 1438 H/ 2017 dan posko ini terbuka untuk umum,” katanya di lokasi Posko yang terletak di halaman Kantor BPBD Prov. Jabar Jl. Soekarno Hatta No. 629 Bandung.  

“Petugas yang siap setiap saat berjumlah 12 orang terdiri dari PNS tujuh orang dan Pusdalop Penanggulangan Bencana (PB) lima orang,” tambahnya.

Selain Posko berbentuk fisik, Dicky juga menjelaskan masyarakat dapat mengakses Hotline di (022) 7313627 – 7315274, media sosial BPBD Jabar: facebook Bpbd Prov Jabar dan twitter @BPBDjabar. “Khusus media sosial kami hadirkan info terbaru mengenai berbagai bencana yang telah terjadi di Jabar,” jelasnya.

Menurut Dicky, layanan informasi kesiapsiagaan bencana ini terintegrasi juga dengan BPBD kota/kab se-Jabar. Ini didukung dengan penggunaan teknologi informasi berbasis aplikasi untuk mempercepat pertukaran informasi mengenai kebencanaan di Jawa Barat bahkan dipergunakan juga secara internasional.

“BPBD kota/kab juga membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran dan terintegrasi dengan BPBD provinsi. Ditambah juga koordinasi yang intens dengan BMKG, Basarnas, TNI, Polri dan perangkat daerah Prov. Jabar,” tambahnya.

Dicky lebih lanjut menjelaskan, menurut BMKG prakiraan cuaca H-7 dan H+7 Idul Fitri akan kodusif dan cerah. Akan tetapi bencana siapa yang akan menduga datangnya. “Kami ingin masyarakat Jawa Barat dapat merayakan hari raya dengan aman dan nyaman, untuk itulah Posko ini dibentuk agar kita semua selalu waspada di jalur rawan bencana,” katanya. (HUMAS JABAR)

 

2.612 Orang Ikuti Mudik Gratis Pemprov Jabar

gggg


BANDUNG - Melalui Dinas Perhubungan, Pemprov Jawa Barat memberangkatkan sebanyak 2.612 orang peserta mudik gratis dengan tujuan Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Ada sebanyak 60 bus dengan tiga lokasi pemberangkatan, yaitu Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Sukabumi. Aher melepas secara langsung mudik gratis di Kota Bandung dengan peserta 918 orang yang diangkut 22 bus. Di Kota Bekasi ada 1.219 orang peserta (28 bus), dan di Kota Sukabumi sebanyak 475 orang peserta (10 bus).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) berharap melalui mudik gratis yang digelar untuk kelima kalinya ini bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan, khususnya kendaraan roda dua. Selain itu, Dishub Jabar juga menyediakan fasilitas truk untuk mengangkut kendaraan roda dua atau sepeda motor, sehingga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.

“Ini tentu salah satu upaya membantu masyarakat pulang dengan nyaman, termasuk juga menjadi satu upaya mengurangi mudik pakai motor,” kata Aher belum lama ini.

Aher mengaku peminat program mudik ini meningkat setiap tahunnya. Untuk itu, dia ingin tahun depan bisa ditingkatkan menjadi 100 hingga 150 bus. “Mudah-mudahan makin banyak yang terlayani tahun depan,” harap Aher.

“Saat yang sama juga saya menghimbau perusahaan-perusahaan di kawasan-kawasan industri, Bekasi, Karawang, dan kawasan industri lain bisa membantu para karyawannya mudik bareng. Difasilitasi perusahaan, sebagai bagian dari perhatian perusahaan,” tambah Aher.

Dalam sambutannya, Aher juga menekankan kepada para pengemudi agar berhati-hati dan tidak lalai saat di perjalanan. Ini penting karena pengemudi membawa tanggung jawab yaitu keselamatan para pemudik hingga sampai ke tempat tujuan.

“Kepada para pengemudi di jalan hati-hati karena membawa keselamatan puluhan orang di dalam bus. Jangan sampai pengemudinya ugal-ugalan, lalai, atau ngantuk. Kalau jalan lengang jangan ngebut, biasa-biasa saja,” ujar Aher.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan meskipun tujuan utama Solo, Semarang, dan Yogyakarta tidak menutup kemungkinan pemudik bisa turun apabila tempat tujuan dilintasi rute yang dilalui. Hal ini pun diapresiasi para pemudik.

“Tapi tidak menutup kemungkinan yang rutenya terlintasi, tadi saya tanya ada yang menuju ke Cirebon. Yang tujuan Semarang kan berhenti di Cirebon dia (pemudik) ikut juga. Tadinya dia mau menggunakan roda dua tapi karena ada mudik gratis ini dari Pemprov Jabar dan diapresiasi oleh masyarakat,” papar Dedi.

Sementara itu, seorang pemudik Mada (35) asal Kendal, Jawa Tengah, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemprov Jawa Barat atas inisiasi program mudik gratis. Pria yang berprofesi sebagai pengajar di Kota Bandung ini menuturkan ingin memanfaatkan dengan baik program ini sekaligus menghemat biaya Lebaran. 

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur sekali, dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ada program seperti ini. Berterimakasih sekali, semoga pelaksanaannya lancar. Semoga tahun depan tambah ramai dan tambah banyak yang ikut (mudik gratis),” tutur Mada.

Mada juga berharap program mudik gratis bisa dilakukan oleh lembaga atau pemerintah daerah lain. Menurutnya, mudik gratis bisa efektif mengurangi kemacetan dan kecelakaan apabila partisipasi masyarakat besar.

“Saya kira cukup meyakinkan kalau memang reaksi atau partisipasi dari masyarakat bagus ya. Cuman kayaknya untuk saat ini kurang, karena pemudik yang membawa motor baru tiga truk motor yang dibawa. Kalau tahun depan lebih banyak mungkin bisa mengurangi kemacetan dan lebih berhasil lagi (mengurangi kemacetan dan kecelakaan),” pungkas Mada. (HUMAS JABAR)

Bambang Brodjonegoro Pimpin Delegasi Promosi Investasi di Australia

CANBERRA - Menteri Perencaan  Pembangunan Nasional merangkap Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro memimpin langsung delegasi tingkat tinggi Indonesia dalam rangka mempromosikan potensi investasi di bidang infrastruktur dan pariwisata Indonesia yang bertajuk 'Tour of Australia' ke berbagai kota besar di Australia, yakni Perth, Canberra, Sydney, Brisbane dan Melbourne mulai tanggal 18 hingga 23 Juni 2017.

Program 'Tour of Australia' ini digelar bekerjasama dengan Australia-Indonesia Business Council (AIBC). Program promosi investasi ini mendapatkan sambutan positif dari sedikitnya 150 pengusaha ternama Australia dari berbagai sektor, mulai dari infrastruktur, manufaktur, jasa dan sebagainya, yang telah menghadiri acara Breakfast Meeting di Rydges Capital Hill, Canberra pada tanggal 20 Juni 2017.

Duta Besar RI untuk Australia, Y. Kristiarto S. Legowo, dan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Wismana Adi Suryabrata, serta Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Himawan Hariyoga, turut mendampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas dalam acara tersebut.

"Promosi investasi ke Australia dalam rangka mendorong semakin banyaknya investor dari Australia ke Indonesia, khususnya di sektor infrastruktur dan pariwisata sebagai bagian dari proritas Pemerintah Indonesia saat ini, merupakan wujud dari tindak lanjut kunjungan Presiden RI, Joko Widodo, ke Australia dan hasil pembicaraan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull di Sydney pada tanggal 26 Februari 2017 lalu", ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Menurut Bambang, Presiden Jokowi senantiasa menekankan agar setiap kunjungan ke luar negeri dapat memberikan manfaat langsung ke masyarakat.

Untuk itulah, Bappenas dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membentuk tim bersama agar promosi investasi dapat lebih optimal. "Pemerintah Indonesia juga menjamin untuk mempermudah masuknya investor dari Benua Kangguru ini, seperti terkait perijinan dan birokrasi, pertanahan dan sebagainya", imbuhnya yang dalam kegiatan ini juga didampingi oleh Salusra Satria, CEO PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Ditambahkan oleh Menteri Bambang Brodjonegoro bahwa Pemerintah Indonesia juga mendorong agar semakin banyak wisatawan Australia yang berkunjung ke berbagai destinasi pariwisata andalan Indonesia yang dikenal dengan '10 Bali Baru', termasuk Labuhan Bajo dan Flores. Sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu prioritas bagi Pemerintah Indonesia mengingat kontribusi ekonomisnya sangat signifikan. Pariwisata tercatat sebagai penyumbang devisa terbesar keempat setelah migas, batu bara dan minyak sawit.

Sementara itu, menurut Dubes RI, rangkaian aktivitas promosi investasi dan pariwisata yang dilakukan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas di Australia ini merupakan wujud nyata dari program dan kinerja diplomasi ekonomi Pemerintah Indonesia.

Selama berada di Canberra, Menteri Bambang Brodjonegoro didampingi oleh Wakil Dubes RI, M.I. Derry Aman juga telah mengadakan rangkaian pertemuan dengan sejumlah petinggi Australia, yakni Menteri Perdagangan, Investasi dan Pariwisata Steven Ciobo, Menteri Pembangunan Internasional dan urusan Pasifik, Concetta Fierravanti-Wells di Parliament House, dan kalangan diplomatik Australia yang dipimpin Secretary Frances Adamson di kantor Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT). (PR)

Ketika Bupati Gorontalo Belanja dan Menikmati Nasi Bulu di Pasar Senggol

20170620 bupati gorontalo1

Bupati Gorontalo Neson Pomalingo saat mencoba peci di pasar Senggol

 

LIMBOTO - Tempat makan tidak harus mewah yang penting bersih dan selera makanannya pas dengan selera kita. Kata itu Disampaikan Bupati Gorontalo Neson Pomalingo saat menyempatkan makan di warung nasi Bulu (Nasi Jaha) "Tilotoo" demikian bahasa Gorontalonya disela-sela Peninjauan Pasar senggol (pasar Ramadan) di kompleks shoping Limboto.(19/06).

Menurut  Nelson makan di tempat sederhana, lebih mendapatkan kepuasan tersendiri dari pada harus makan di restoran atau rumah makan  yang terkesan mewah "Saya tidak perlu tempat yang mewah seperti restoran, suasana seperti ini sudah enak. Saya makan disini karena memang makanannya pas dengan selera. Makanan Tilotoo (Nasi Bulu) Favorit makanan dengan lauknya sate daging sapi ditambah sambal dabu-dabu yang enak rasanya,“ terangnya

Selain itu, Bupati berlatar belakang akademisi itu jelaskan, kalau saya makan disini maka keuntungan bagi pedagang. Mereka warga Kabupaten Gorontalo. Ini artinya kita berdayakan ekonomi dengan kita berbelanja jajanan mereka.

Kehadiran Bupati Nelson di warung makan tersebut  langsung mendapat perhatian masyarakat  yang mengenal sosok bupati  yang ramah dan baik kepada setiap warga tanpa mengenal profesi mereka.

Sambil melahap nasi bulu dengan sate daging sapi yang menjadi makanan favoritnya, ia menyempatkan diri berbincang dengan berberapa warga yang sengaja hadir untuk berbincang bersama sang Bupati.

Sebelumnya, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo tersebut menyempatkan diri belanja. Nampak Bupati Profesor itu membeli songkok (Peci), Sandal Jepit, Minyak Wangi dan Minyak Rambut yang saat itu dijajakan para pedagang.

Nampak Kepala SKPD yang dampingi saat itu Kepala Dinas Perindag Romi Sahrain, Kepala dinas Perhubungan Sumanti Maku, Kabag Humas Rachmat Mohamad, Kasat Satpol PP serta Para Staf Bagian Humas & Protokol Setda Kabupaten Gorontalo (Hms Kab Gorontalo)

 

Berita Terkait

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : .
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24