Tinjau MPP Kota Jambi, Wamen PANRB Pastikan Pelayanan Publik Berjalan dengan Baik

20250917 Kunjungan ke MPP Kota Jambi 17  JAMBI – Upaya peningkatan pelayanan publik saat ini terus diakselerasi oleh pemerintah. Berbagai transformasi pun terus dilakukan untuk mewujudkan birokrasi yang lincah, adaptif, dan memberikan kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat, salah satunya melalui kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Jambi. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi...

Kementerian PANRB Dorong Efisiensi dan Keterpaduan Pemerintah Digital dengan Proses Clearance

20250916 Sosialisasi Evaluasi Belanja SPBE TA 2026 8 Sosialisasi dan Diskusi Panel Evaluasi Belanja SPBE Pra Dipa Tahun Anggaran 2026, di Jakarta, Selasa (16/09/2025).   JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong instansi pemerintah pusat dapat melakukan efisiensi dan efektifitas pembangunan aplikasi, melalui pelaksanaan evaluasi anggaran (clearance) belanja instansi pusat Tahun Anggaran 2026 dalam kerangka...

Pastikan Pelayanan Publik Responsif, Wamen PANRB Visitasi Bandara Soekarno-Hatta

20250912 Visitasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kebandarudaraan di Bandara Soekarno Hatta12 Visitasi layanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (12/09/2025).   JAKARTA – Sektor kebandarudaraan menjadi etalase wajah negara di mata dunia, oleh sebab itu pelayanan yang dihadirkan harus cepat, inklusif, dan responsif. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berperan melakukan penguatan tata kelola, melakukan pembinaan pelayanan publik, tata kelola Sumber Daya...

Izin Tenaga Kesehatan dan Medis Kini Lebih Cepat Melalui MPP Digital Nasional

20250909 Penandatanganan Keputusan bersama Penyelenggaraan Perizinan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan9Menteri PANRB Rini Widyantini dalam acara Penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Perizinan Tenaga Medis dan Kesahatan Melalui MPP Digital Nasional, di Jakarta, Selasa (09/9/2025).   JAKARTA – Perizinan tenaga medis dan tenaga kesehatan kini lebih dipermudah melalui Mal Pelayanan Publik Digital Nasional. Tenaga medis dan Kesehatan bisa mengurus perizinan secara digital tanpa...

Mendorong Penguatan Sistem Pengaduan Laporan Publik melalui LAPOR! bagi Kementerian dan Lembaga

20250915 Sosialisasi Kebijakan LAPOR 12 Sosialisasi Kebijakan SP4N-LAPOR! pada Lingkup Kementerian dan Lembaga Prioritas, di Jakarta, Senin (15/9/2025).     JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dengan memperkuat sistem pengelolaan pengaduan melalui LAPOR!. Sebagai aplikasi bersama dalam bidang pengelolaan pengaduan, pemanfaatan LAPOR! menjadi indikator penilaian pelayanan...

Wamen PANRB Sampaikan Bekal Kepemimpinan untuk Para Alumni PKN I LAN

20250911 Pelepasan Peserta PKN Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2025 7 Wakil Menteri PANRB Purwadi Arianto saat memberikan sambutan pada  Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2025, di Jakarta, Kamis (11/9/2025).   JAKARTA – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto menghadiri Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I...

Proteksi Wilayah Pesisir, Kementerian PANRB Dukung Penguatan BOP Pantura Jawa

20250908 Rapat Kelembagaan Badan Otorita Pengelola Pantura Jawa 1 Suasana Rapat Kelembagaan Badan Otorita Pengelola (BOP) Pantai Utara Jawa, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Senin (08/09/2025).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) turut mendukung pembangunan Giant Sea Wall (GSW) yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). GSW merupakan proyek berbasis infrastruktur yang menekankan pada aspek...

Menteri PANRB Sampaikan Program Kerja Tahun 2026 ke DPR RI

20250915 RDP Komisi II DPR 5Menteri PANRB Rini Widyantini dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (15/09/2025). JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersinergi bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagai upaya mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien. Kementerian PANRB menargetkan birokrasi yang akuntabel dan berdampak bagi masyarakat, serta reformasi...

Menteri PANRB Sampaikan Strategi Ketahanan Digital Pemerintah Pada Digital Resilience Summit 2025

20250910 Digital Resilience Summit 2025 5 Menteri PANRB Rini Widyantini saat menjadi keynote speech pada Digital Resilience Summit 2025 di Kantor INA Digital, Jakarta, Rabu (10/9/2025).   JAKARTA - Dalam membangun ketahanan digital, ada sejumlah tantangan nyata yang harus dijawab. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini menyampaikan tantangan tersebut yaitu tuntutan masyarakat terhadap...

Bangun ASN yang Kompeten, ASN Transportasi Udara Harus Memiliki Mindset Perubahan

20250908 Rapat Koordinasi Teknis Kementerian Perhubungan Tahun 2025 9Menteri PANRB Rini Widyantini dalam Rakornis Kementerian Perhubungan 2025, di Jakarta, Senin (8/9/2015).   JAKARTA – Aparatur Sipil Negara (ASN) transportasi udara harus memiliki mindset perubahan, menguatkan kompetensi digital yang humanis, membangun budaya kerja modern, serta memperkuat integrasi data. Dengan begitu, birokrasi bisa lebih lincah, responsif, dan dipercaya sebagai motor penggerak...

Kementerian PANRB Dorong Kementerian dan Lembaga Optimalisasikan Penyusunan Standar Pelayanan

20250912 Monitoring Penyusunan SP dan Pengelolaan SIPPN Lingkup KL 1Suasana kegiatan Monitoring Penyusunan Standar Pelayanan dan Pengelolaan SIPPN pada Lingkup Kementerian/Lembaga di Jakarta, Jumat (12/9/2025).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan penyusunan standar pelayanan pada lingkup kementerian dan lembaga berjalan optimal. Selain sebagai tolok ukur penyelenggaraan, standar pelayanan menjadi instrumen akuntabilitas serta jaminan...

Kementerian PANRB Pastikan Tata Kelola Efektif dalam Pembentukan Kementerian Haji dan Umrah

20250909 Rapat Kelembagaan Kementerian Haji dan Umroh 1Suasana rapat membahas pembentukan Kementerian Haji dan Umrah bersama Wakil Menteri Sekretaris Negara Bambang Eko Suhariyanto, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (9/9/2025).   JAKARTA – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto mengikuti rapat pembahasan pembentukan Kementerian Haji dan Umrah bersama Wakil Menteri Sekretaris Negara...

Aspirasi Masyarakat Jadi Instrumen Utama Dalam Perbaikan Pelayanan Publik

20250904 Kick Off Meeting Pelayanan Publik1 JAKARTA – Salah satu instrumen penting dalam upaya perbaikan pelayanan publik adalah dengan mendengarkan aspirasi masyarakat, yang diperoleh dari berbagai survey maupun saran dan kritik dari masyarakat. Karena keberhasilan pemerintah dalam melayani masyarakat sangat ditentukan oleh sejauh mana layanan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan, harapan, serta menjamin akses yang setara...