Berita Terkini

20170818 ISO Poldametro
18.Agu.2017

Kementerian PANRB Sambut Baik Penerapan Sistem Manajemen Mutu di Polda Metro Jaya

Direktur Reskrium Polda Metro Jaya Rudy Kombes Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho menerima piagam Sistem Manajemen Mutu SNI…
IMG 9682
17.Agu.2017

Penuhi Kebutuhan Arsip Nasional, Pemerintah Siapkan Politeknik Kearsipan

JAKARTA - Pentingnya nilai sebuah arsip kadang terlupakan, padahal arsip memiliki peran yang sangat strategis bagi…
20170817 Upacara
17.Agu.2017

Akselerasi Wujudkan Cita-cita Kemerdekaan, ASN harus Kerja Terencana, Kerja Bersama

Menteri Asman menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-72 di Kementerian PANRB, Kamis (17/08). JAKARTA –…
20170816 Presiden RI
16.Agu.2017

Pidato Kenegaraan Presiden, Jokowi : Fokus Pemerataan Ekonomi Berkeadilan

JAKARTA - Pada bagian lain pidatonya pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI)…
20170816 Pidato MPR
16.Agu.2017

Sidang Tahunan MPR 2017, Presiden : Tidak Ada Satupun Lembaga Negara Yang Miliki Kekuasaan Absolut

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghargaan kepada seluruh lembaga negara, atas kekompakan,sinergi…
20170815 Walikota Pekanbaru 1
15.Agu.2017

Jamin Kemajuan Bangsa, PNS harus Orang Pilihan

Menteri Asman melakukan audiensi dengan Walikota Pekanbaru di Kantor Kementerian PANRB, Selasa (15/08). JAKARTA -…
20170815 kunjungan denpasar7
15.Agu.2017

Denpasar Siap Jadi Pilot Projek Mal Pelayanan Publik

Deputi Pelayanan Publik kemenetrian PANRB Diah Natalisa didampingi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara meninjau…
20170815 helpdesk BKN
15.Agu.2017

Berkas Tak Terbaca Sistem, 18.387 Calon Pelamar CPNS 2017 Wajib Upload Ulang

JAKARTA – Hingga Senin (14/08), pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Mahkamah Agung (MA) dan…

Ujicoba R-PERMENPAN RB Standar Pelayanan Publik di Kab. Kudus

Pin It

Ujicoba Rancangan PERMENPAN RB Tentang Juknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan Publik, acara bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus. Adapun acara pembukaan disampaikan oleh Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Kudus yaitu Bpk. Drs. Pramono, MM. dan Bpk. Drs. F. Mewengkang, MM.


Latar belakang dari R-PERMENPAN RB ini adalah adanya tuntutan masyarakat tentang pelayanan yang berkualitas; memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat dan pihak terkait;  serta adanya standar pelayanan di tiap unit sebagai jaminan dan kepastian pelayanan.

Dasar hukum UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, antara lain : Pasal 15 huruf (a) Penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan; Pasal 20 ayat (1) Penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan dengan memperhatikan kemampuan penyelenggara, kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan. Ayat (2) Dalam menyusun dan menetapkan standar pelayanan, penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait.

Penyelenggara pelayanan publik terdiri dari (Pasal 1 ayat 1) : Instansi Penyelenggara Negara, BUMN/BUMD, Lembaga Independen, Swasta/Organisasi Masyarakat yang melaksanakan “misi negara karena UU”.

 

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : halomenpan@menpan.go.id
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24