Rabu, 3 September 2014

Artikel

Kompetisi Terbuka Jabatan Eselon III Di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM

Dilihat: 3531
Cetak

Oleh: Hasbullah - Kabag Mutasi - Kementerian Hukum dan HAM

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM membuka kesempatan bagi para pejabat Eselon III.a di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang ingin berkompetisi untuk menduduki jabatan Kepala Bagian Tata Usaha Kepegawaian pada Biro Kepegawaian,  Kepala Bagian Pengembangan Pegawai pada Biro Kepegawaian, Kepala Bagian Ketatalaksanaan pada Biro Perencanaan, dan Kepala Bagian Penyusunan Program dan Anggaran pada Biro Perencanaan. Hal ini merupakan suatu langkah Reformasi Birokrasi di Bidang Kepegawaian yang didasari oleh Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Nomor 13 tahun 2002 tentang petunjuk pelaksanaan Peraturan Pemerintah  Nomor 100 Tahun  2000  tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil  dalam jabatan Struktural sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2002.

Keputusan Kepala BKN tersebut menyatakan bahwa jabatan kosong yang telah di inventarisir, di infomasikan kepada seluruh pimpinan satuan organisasi di lingkungan masing-masing, sehingga pimpinan secara hirarki dapat mengajukan calon yang memenuhi syarat guna mengisi lowongan jabatan tersebut.

Langkah tersebut merupakan kali pertama dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM yang mengarah kepada assesment center yang digaungkan dalam reformasi birokrasi. Kompetisi terbuka ini mensyaratkan untuk mengisi jabatan eselon III.a pada unit Sekretariat Jenderal, calon peserta sudah menduduki jabatan eselon III.a, mempunyai masa kerja minimal 3 (tiga) tahun dalam jabatan eselon III.a, memiliki pangkat minimal pembina (IV/a), dan Tidak sedang menjalani hukuman disiplin. Calon peserta juga harus membuat bahan presentasi yang berisi materi program-program yang akan dilakukan jika menduduki jabatan tersebut. Persyaratan-persyaratan tersebut diharapkan dapat menyaring para peserta sehingga nantinya pejabat yang terpilih adalah pejabat yang memiliki target kerja yang matang, beban moral serta tanggung jawab yang tinggi sehingga dapat memajukan unit Sekretariat Jenderal pada khususnya dan Kementerian Hukum dan HAM RI pada Umumnya.

Para Sekretaris dan Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia dapat segera menyampaikan nama-nama calon yang telah memenuhi syarat dengan mencantumkan jabatan yang akan dipilih, melampirkan Daftar Riwayat Hidup  dan menyertakan bahan presentasi (materi program-program yang akan dilakukan jika menduduki jabatan tersebut) dalam bentuk power point, melalui fax ke 021-5253157 atau   e-mail ke irfudail@yahoo.com. Materi program akan dipaparkan dihadapan TIM PENGUJI  pada tanggal 2 Nopember 2010 dan hasilnya akan menjadi bahan pertimbangan dalam sidang Baperjakat.

Sumber: Kementerian Hukum dan HAM

Dikirim oleh : Gunawan Sunendar

 

You are here:   Home