Berita Terkini

20150330 - rapat dinas di kantor pemerintahan
29.Mar.2015

Pemerintah Tidak Mencabut Larangan Rapat di Hotel

JAKARTA- Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi kembali menegaskan bahwa SE Menteri PNRB No. 11/2014 tentang Pembatasan…
20150328 - Menteri  di UMJ
28.Mar.2015

Menteri PANRB Resmikan Pusat Kajian Pelayanan Publik UMJ

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi meresmikan Pusat…
20150327 - Menteri PANRB serahkan laporan SPT
27.Mar.2015

Yuddy : Strategi agar Target Penerimaan Pajak Tercapai

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan, agar target…
20150327 - PENYERAHAN LAKIP RIAU
27.Mar.2015

Riau Serahkan LAKIP Tepat Waktu

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengapresiasi Pemerintah Provinsi…
20150218 Menteri PANRB CloseUp
27.Mar.2015

Yuddy : Rapat Dinas Tetap di Kantor Pemerintah

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa…
20150326
26.Mar.2015

Perpres Bisa Menjadi Acuan Pembiayaan Kementerian Baru

JAKARTA – Penataan organisasi di 12 kementeian yang kini tengah dilakukan oleh Kementerian PANRB harus dilakukan secara…
20150324 Pencanangan Pembangunan Zona Integritas
26.Mar.2015

Pembangunan ZI, Miniatur Penerapan Reformasi Birokrasi

JAKARTA – Pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani…
20150325-Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi saat memberikan  sambutan dalam acara Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik di Semarang Kamis  26 03
26.Mar.2015

Yuddy : Saya Tahu karena Nama Saya Disebut

SEMARANG – "Saya tahu kalau saya ini dipersilahkan menyampaikan sambutan karena nama saya disebut". Begitulah Menteri…

Ujicoba R-PERMENPAN RB Standar Pelayanan Publik di Kab. Kudus

Ujicoba Rancangan PERMENPAN RB Tentang Juknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan Publik, acara bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus. Adapun acara pembukaan disampaikan oleh Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Kudus yaitu Bpk. Drs. Pramono, MM. dan Bpk. Drs. F. Mewengkang, MM.


Latar belakang dari R-PERMENPAN RB ini adalah adanya tuntutan masyarakat tentang pelayanan yang berkualitas; memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat dan pihak terkait;  serta adanya standar pelayanan di tiap unit sebagai jaminan dan kepastian pelayanan.

Dasar hukum UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, antara lain : Pasal 15 huruf (a) Penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan; Pasal 20 ayat (1) Penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan dengan memperhatikan kemampuan penyelenggara, kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan. Ayat (2) Dalam menyusun dan menetapkan standar pelayanan, penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait.

Penyelenggara pelayanan publik terdiri dari (Pasal 1 ayat 1) : Instansi Penyelenggara Negara, BUMN/BUMD, Lembaga Independen, Swasta/Organisasi Masyarakat yang melaksanakan “misi negara karena UU”.

 

Navigasi:Beranda Berita Berita Terbaru Ujicoba R-PERMENPAN RB Standar Pelayanan Publik di Kab. Kudus

Sekretariat Kementerian

Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan

SDM Aparatur