Berita Terkini

20150328 - Menteri  di UMJ
28.Mar.2015

Menteri PANRB Resmikan Pusat Kajian Pelayanan Publik UMJ

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi meresmikan Pusat…
20150327 - Menteri PANRB serahkan laporan SPT
27.Mar.2015

Yuddy : Strategi agar Target Penerimaan Pajak Tercapai

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan, agar target…
20150327 - PENYERAHAN LAKIP RIAU
27.Mar.2015

Riau Serahkan LAKIP Tepat Waktu

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengapresiasi Pemerintah Provinsi…
20150218 Menteri PANRB CloseUp
27.Mar.2015

Yuddy : Rapat Dinas Tetap di Kantor Pemerintah

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa…
20150326
26.Mar.2015

Perpres Bisa Menjadi Acuan Pembiayaan Kementerian Baru

JAKARTA – Penataan organisasi di 12 kementeian yang kini tengah dilakukan oleh Kementerian PANRB harus dilakukan secara…
20150324 Pencanangan Pembangunan Zona Integritas
26.Mar.2015

Pembangunan ZI, Miniatur Penerapan Reformasi Birokrasi

JAKARTA – Pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani…
20150325-Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi saat memberikan  sambutan dalam acara Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik di Semarang Kamis  26 03
26.Mar.2015

Yuddy : Saya Tahu karena Nama Saya Disebut

SEMARANG – "Saya tahu kalau saya ini dipersilahkan menyampaikan sambutan karena nama saya disebut". Begitulah Menteri…

Proses Reformasi Birokrasi 19 K/L Diharapkan Selesai Tahun Ini

 20130218b

JAKARTA - Setelah 20 kementerian/lembaga (K/L) menyesaikan proses pelaksanaan reformasi birokrasi, dan mendapatkan tunjangan kinerja (TK) pada tahun 2012, tahun 2013 ini ditargetkan setidaknya 19 K/L dapat diselesaikan prosesnya. Selain itu, diharapkan 33 pemerintah provinsi juga sudah mulai melaksanakan reformasi birokrasi sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Kementerian/lembaga yang ditargetkan menyelesaikan proses reformasi birokrasi pada tahun 2013 ini adalah Kemenpora, Kemen UKMK, Kemensos, BSN, Setjen MPR. Ombudsman RI, Kemenag, Basarnas, Kemen ESDM, Setjen MK, Setjen KY, BNPP, Badan Informasi Geospasial, Kemen BUMN, BPN, BNPB, Setjen DPD RI, KPU, dan Setjen Komnas HAM.

Guna merealisasikan hal itu, tentu bukan persoalan mudah. Kementerian PAN-RB juga tidak bisa hanya bekerja sendiri, karena selain berifat multidimensi, persoalan birokrasi di Indonesia sangat kompleks. “Kami hanya mendorong dan memfasilitasi. Tetapi pelaksanaannya tergantung dari komitmen dari pimpinan serta jajaran kementerian/lembaga maupun pemda bersangkutan,” ujar Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dalam acara dinner dengan sejumlah pejabat Negara-negara donor, Jumat (15/02) petang.

Dalam acara tersebut, Menteri didampingi Wamen PAN-RB Eko Prasojo, dan Sekretaris Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto serta Wamen Perencanaan Pembanguhnan Nasional (PPN) Lukita Dinarsyah Tuwo.

Sementara dari negara donor antara lain Dubes Jerman untuk Indonesia H.E. Georg Witschel, yang didampingi Kepala Program DeCGG Joersg-Werner Haas, Counselor and Head of Development Cooperation Andreas Beckermann. Dari Kedubes Amerika, hadir Political Counsular, Kedubes AS Ted Lying dan Direktor Office of Democratic Governance The USAID Indonesia, Miles Toder.

Dari Canada, dihadiri oleh Counselor Kedubes Canada untuk Indonesia Tracy Reynolds, dan Counselor (Development), Kepala Canadian International Development Agency (CIDA). Sedangkan dari Australian, hadir Kepala AusAID Indonesia Jacqui de Lacy dan Director of Decentralisation Unit AusAID Petra Karetji.

Wamen PAN-RB Eko Prasojo menambahkan, dari Sembilan program percepatan reformasi birokrasi yang telah ditetapkan, terdapat lima program yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam tahun 2013 ini. Disebutkan, kelima program itu adalah penataan struktur birokrasi, penataan SDM aparatur, konsolidasi reformasi birokrasi pada K/L/pemda, penguatan pengawasan dan akuntabilitas, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Diakui, Kementerian PAN-RB sudah mendapatkan bantuan antara lain dari AusAID, antara lain untuk pelatihan analisis jabatan bagi 4.235  PNS di seluruh Indoensia. Sedangkan Deutshe Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ)  dari Jerman, telah mendukung sejumlah program, antara lain studi tentang kebijakan   pengembangan sistem penanganan complain.  Adapun bantuan dari USAID (Amerika Serikat) antara lain dalam peningkatan berbagai upaya komunikasi di Kementerian PAN-RB.

Menteri Azwar Abubakar menyampaikan terimakasih dan penghargaan terhadap berbagai bantuan yang telah diberikan oleh negara-negara donor tersebut. Ke depan, lanjutnya, berbagai bantuan itu diharapkan untuk tetap menyesuaikan dengan program-program prioritas, khususnya dalam kebijakan reformasi birokrasi, terutama yang belum mendapatkan alokasi anggaran dari APBN. (ags/HUMAS MENPAN-RB)

20130218a

20130218c

20120218 prose rb2

20130218d

 

Navigasi:Beranda Berita Berita Terbaru Proses Reformasi Birokrasi 19 K/L Diharapkan Selesai Tahun Ini

Sekretariat Kementerian

Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan

SDM Aparatur