Jumat, 22 Agustus 2014
Kesalahan
  • Galat memuat data pengumpan

twitter

pengaduancpns2

button wbs

sinovikuning 

button formasi

simulasicatonline

workshop humas

dalokasi cpns

daftar jbt formasi 2014

button cpns

ruuadpem

button

spprb

lakip2013a

pk2014a

siduta3

mediacenter

button lapor

button satulayanan

Video

Galeri Foto


20131227p...agentofch...20130130-...catmenpan2520140227-...

banner blog ekoprasojo

There are not feed items to display.
  • Check if RSS URL is online
  • Check if RSS contains items

Proses Reformasi Birokrasi 19 K/L Diharapkan Selesai Tahun Ini

Dibuat pada 18 Februari 2013 Ditulis oleh dewi
Dilihat: 5604
Cetak

 20130218b

JAKARTA - Setelah 20 kementerian/lembaga (K/L) menyesaikan proses pelaksanaan reformasi birokrasi, dan mendapatkan tunjangan kinerja (TK) pada tahun 2012, tahun 2013 ini ditargetkan setidaknya 19 K/L dapat diselesaikan prosesnya. Selain itu, diharapkan 33 pemerintah provinsi juga sudah mulai melaksanakan reformasi birokrasi sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Kementerian/lembaga yang ditargetkan menyelesaikan proses reformasi birokrasi pada tahun 2013 ini adalah Kemenpora, Kemen UKMK, Kemensos, BSN, Setjen MPR. Ombudsman RI, Kemenag, Basarnas, Kemen ESDM, Setjen MK, Setjen KY, BNPP, Badan Informasi Geospasial, Kemen BUMN, BPN, BNPB, Setjen DPD RI, KPU, dan Setjen Komnas HAM.

Guna merealisasikan hal itu, tentu bukan persoalan mudah. Kementerian PAN-RB juga tidak bisa hanya bekerja sendiri, karena selain berifat multidimensi, persoalan birokrasi di Indonesia sangat kompleks. “Kami hanya mendorong dan memfasilitasi. Tetapi pelaksanaannya tergantung dari komitmen dari pimpinan serta jajaran kementerian/lembaga maupun pemda bersangkutan,” ujar Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dalam acara dinner dengan sejumlah pejabat Negara-negara donor, Jumat (15/02) petang.

Dalam acara tersebut, Menteri didampingi Wamen PAN-RB Eko Prasojo, dan Sekretaris Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto serta Wamen Perencanaan Pembanguhnan Nasional (PPN) Lukita Dinarsyah Tuwo.

Sementara dari negara donor antara lain Dubes Jerman untuk Indonesia H.E. Georg Witschel, yang didampingi Kepala Program DeCGG Joersg-Werner Haas, Counselor and Head of Development Cooperation Andreas Beckermann. Dari Kedubes Amerika, hadir Political Counsular, Kedubes AS Ted Lying dan Direktor Office of Democratic Governance The USAID Indonesia, Miles Toder.

Dari Canada, dihadiri oleh Counselor Kedubes Canada untuk Indonesia Tracy Reynolds, dan Counselor (Development), Kepala Canadian International Development Agency (CIDA). Sedangkan dari Australian, hadir Kepala AusAID Indonesia Jacqui de Lacy dan Director of Decentralisation Unit AusAID Petra Karetji.

Wamen PAN-RB Eko Prasojo menambahkan, dari Sembilan program percepatan reformasi birokrasi yang telah ditetapkan, terdapat lima program yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam tahun 2013 ini. Disebutkan, kelima program itu adalah penataan struktur birokrasi, penataan SDM aparatur, konsolidasi reformasi birokrasi pada K/L/pemda, penguatan pengawasan dan akuntabilitas, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Diakui, Kementerian PAN-RB sudah mendapatkan bantuan antara lain dari AusAID, antara lain untuk pelatihan analisis jabatan bagi 4.235  PNS di seluruh Indoensia. Sedangkan Deutshe Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ)  dari Jerman, telah mendukung sejumlah program, antara lain studi tentang kebijakan   pengembangan sistem penanganan complain.  Adapun bantuan dari USAID (Amerika Serikat) antara lain dalam peningkatan berbagai upaya komunikasi di Kementerian PAN-RB.

Menteri Azwar Abubakar menyampaikan terimakasih dan penghargaan terhadap berbagai bantuan yang telah diberikan oleh negara-negara donor tersebut. Ke depan, lanjutnya, berbagai bantuan itu diharapkan untuk tetap menyesuaikan dengan program-program prioritas, khususnya dalam kebijakan reformasi birokrasi, terutama yang belum mendapatkan alokasi anggaran dari APBN. (ags/HUMAS MENPAN-RB)

20130218a

20130218c

20120218 prose rb2

20130218d

 

Diperbarui pada Senin, 18 Februari 2013 13:31

digilib 220pmprb 220lpse 220eperform 220

banner ceklistbanner pkbanner jdihbanner email

Sekretariat Kementerian

Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan