Berita Terkini

20150328 - Menteri  di UMJ
28.Mar.2015

Menteri PANRB Resmikan Pusat Kajian Pelayanan Publik UMJ

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi meresmikan Pusat…
20150327 - Menteri PANRB serahkan laporan SPT
27.Mar.2015

Yuddy : Strategi agar Target Penerimaan Pajak Tercapai

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan, agar target…
20150327 - PENYERAHAN LAKIP RIAU
27.Mar.2015

Riau Serahkan LAKIP Tepat Waktu

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengapresiasi Pemerintah Provinsi…
20150218 Menteri PANRB CloseUp
27.Mar.2015

Yuddy : Rapat Dinas Tetap di Kantor Pemerintah

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa…
20150326
26.Mar.2015

Perpres Bisa Menjadi Acuan Pembiayaan Kementerian Baru

JAKARTA – Penataan organisasi di 12 kementeian yang kini tengah dilakukan oleh Kementerian PANRB harus dilakukan secara…
20150324 Pencanangan Pembangunan Zona Integritas
26.Mar.2015

Pembangunan ZI, Miniatur Penerapan Reformasi Birokrasi

JAKARTA – Pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani…
20150325-Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi saat memberikan  sambutan dalam acara Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik di Semarang Kamis  26 03
26.Mar.2015

Yuddy : Saya Tahu karena Nama Saya Disebut

SEMARANG – "Saya tahu kalau saya ini dipersilahkan menyampaikan sambutan karena nama saya disebut". Begitulah Menteri…

Tasdik Kinanto Soal Kisruh CPNS di Badung : Hari Gini Masih Ada Coba-Coba Main

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) menyampaikan apresiasi terhadap DPRD Kabupaten Badung yang secara konsisten terus mengawal penanganan  kasus pemalsuan dokumen pengumuman hasil test CPNS di daerah itu. Hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah yang tengah berjuang keras untuk membangun sistem rekruitmen CPNS secara obyektif, transparan, dan bebas dari KKN.

20130211 01

Demikian antara lain dikatakan Sekretaris Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto ketika menerima Ketua DPRD kabupaten Badung I Nyoman Giri Prasta, bersama rombongan Pansus CPNS Kabupaten Badung, di Media Center Kementerian PAN-RB, Senin (11/02). “Saya heran, hari gini kok masih ada yang coba-coba main-main, dengan memalsukan tanda tangan saya,  sebagai Sekretaris Pansel Nasional Penerimaan CPNS 2012,” ujarnya.

Terkait kasus penerimaan CPNS  Kabupaten Badung, Tasdik mengaku telah memebrikan keterangan kepada pihak penyidik. Selain itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Panselnas Eko Soetrisno juga sudah memberikan  keterangan kepada penyidik.

Rasa heran Tasdik tersebut cukup beralasan, mengingat mekanisme pengumuman test CPNS sudah dapat dilihat langsung oleh peserta melalui website Kementerian PAN-RB sejak tanggal 19 September 2012. Hasil pengumuman itu merupakan dokumen negara, yang tidak berubah. Kalau pihak BKD Badung mengubah hasil pengumuman itu, berarti dia memalsukan dokumen Negara. “Kalau terdapat 91 nama yang hasilnya berubah, mungkin itu merupakan hasil ‘gorengan’ BKD, karena dari waktu penyerahan dokumen di BPPT sampai waktu pengumuman oleh BKD tanggal 12 November 2012 terdapat jedah waktu yang cukup,” imbuhnya.

Ketua DPRD Kabupaten Badung, Giri Prasta mengungkapkan, dari 153 formasi CPNS Badung tahun 2012, terdapat 91 nama yang berubah hasilnya. Dari jumlah itu, 40 diantaranya untuk guru, yang dalam hal ini juga harus melalui tes kemampuan bidang (TKB). “Tes kemampuan bidang sudah dilaksanakan, namun kami curiga karena banyak diantara peserta Tes kemampuan dasar (TKD) untuk guru yang sebenarnya nilainya bermasalah,” ujarnya.

Untuk ini, pihak DPRD Badung minta kepada BKN Regional Bali untuk tidak melakukan perampungan pemberkasan NIP bagi CPNS  Kabupaten Badung tahun 2012. “Hari ini juga kami akan datang ke BKN Pusat,” ujarnya menambahkan.

Menanggapi hal itu, Tasdik Kinanto yang juga Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB mengatakan, CPNS yang akan diproses oleh BKN hanya yang lulus sesuai dengan hasil yang diumumkan di website menpan.go.id. Jadi kalaupun sudah dilakukan TKB untuk calon guru, yang memang tidak lulus TKD dipastikan tidak lulus. “Peserta yang tidak lulus TKD, tidak akan diproses lebih lanjut dalam pemebrkasan di BKN,” tandasnya.

Sebelum kehadiran rombongan DPRD Badung ini, Tasdik mengaku sudah sudah menerima beberapa rombongan  sebelumnya, mulai dari anggota DPRD, Kepala BKD, Wakil Bupati, bahkan Bupati Badung juga sudah diberikan penjelasan mengenai mekanisme rekruitmen CPNS secara nasional.

Kisruh penerimaan CPNS Kabupaten Badung terjadi lantaran pengumuman hasil test CPNS yang nilainya diubah, sehingga dari yang semula tidak memenuhi passing grade menjadi lulus. Pengumuman itu dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD), pada tanggal 12 November 2012. Dari 153 formasi, sebanyak 91 nama berubah dari hasil yang diumumkan oleh Kemenetrian PAN dan RB. Hal serupa juga terjadi di Provinsi Bali.

Saat ini pihak penyidik Kepolisian telah menetapkan Kepala BKD Kabupaten Badung sebagai tersangka, sementara pihak DPRD terus mencari informasi ke berbagai sumber, seperti kementerian PAN dan RB, BKN, dan selanjutnya akan menemui pihak konsorsium. (ags/HUMAS MENPAN-RB)

20130211 02

Navigasi:Beranda Berita Berita Terbaru Tasdik Kinanto Soal Kisruh CPNS di Badung : Hari Gini Masih Ada Coba-Coba Main

Sekretariat Kementerian

Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan

SDM Aparatur