Minggu, 20 April 2014

Kementerian PAN – RB Minta Askes Tingkatkan Pelayanan

Dibuat pada 18 September 2012
Dilihat: 3386
Cetak

JAKARTA – Wakil Menteri PAN dan RB Prof. Eko Prasojo mengatakan PT Askes untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, termasuk bagi aparatur negara. Masalah kesehatan aparatur Negara sebagai penggerak reformasi birokrasi perlu mendapat perhatian khusus, demikian disampaikan Eko Prasojo ketika membuka Askes Corner yang digelar di ruang Serbaguna Kementerian PAN dan RB, Selasa (18/09).

 

Dikatakan “secara jujur masih sering terdengar keluhan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang menggunakan kartu Askes. Sehingga ada keengganan menggunakan fasilitas yang telah disediakan ini, untuk itu PT Askes harus merespon keluhan – keluhan masyarakat” ujarnya.

Banyak kemajuan dan peningkatan pelayanan, tetapi perlu terus menerus ditingkatkan sebagai bagian dari reformasi birokrasi dalam hal pelayanan kepada para pengguna. Disamping itu perlunya sosialisasi sehingga apa yang telah dicapai itu dapat diketahui oleh masyarakat.

Pada bagian lain Wakil Menteri PAN dan RB Eko Prasojo juga meminta kepada para peserta Askes untuk menanamkan pola hidup sehat. “kuncinya adalah menjaga keseimbangan dalam kehidupan, makan makanan yang sehat, sehingga kita memiliki kartu Askes tapi tidak perlu kita pakai” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Askes I Gde Subawa mengatakan, Askes corner merupakan wujud komitmen PT Askes dalam melayani pelanggan melampaui harapan. Dalam meningkatkan kepuasan peserta dimulai dari kecepatan dan kemudahan peserta dalam mendapatkan kartu peserta, sampai kepastian diperolehnya pelayanan yang baik.

Menurut Gde Subawa, kepemilikan kartu bagi peserta Askes Sosial 100 persen dan keakurasian data peserta pada master filr adalah penentu suksesnya manajemen kepesertaan. Namun kenyataan di lapangan, di Jakarta Selatan ini kepemilikannya masih 98 persen. “Hal inilah yang melatarbelakangi terbentuknya Askes Corner,” tambahnya.

Dikatakan, salah satu yang ingin dicapai dari kegiatan ini, adalah meningkatkan kepemilikan kartu dan keakurasian data master file kepesertaan. Selain itu, dilakukan pendekatan dan upaya peningkatan kepuasan peserta, meng urangi keluhan peserta dengan memebrikan informasi mengenai hak, kewajiban dan prosedur pelayanan, serta peningkatan hubungan kemitraan dengan instansi/kementerian.

Dalam kesempatan tersebut, PT. Askes juga memberikan penyuluhan tentang Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner dan pencegahannya yang dibawakan oleh dr. Muhadi dari Div. Kardiologi Dep. Ilmu Penyakit Dalam FKUI RSCM. (Ags/Swd/HUMAS MENPAN- RB)

You are here:   HomeBerita TerkiniKementerian PAN – RB Minta Askes Tingkatkan Pelayanan

Sekretariat Kementerian

Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan