Perlu Debirokrstisasi Pelayanan Publik

UNGARAN - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa perbaikan pelayanan publik tengah mendapat sorotan saat ini. "Presiden meminta supaya pelayanan lebih cepat, tidak ada lagi pungli, perizinan dipermudah," ujarnya di sela-sela meninjau pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang, Jumat (29/04).

Menteri Yuddy mengharapkan adanya debirokratisasi dalam setiap pelayanan publik agar dapat memangkas waktu pelayanan. "Diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan publik," jelasnya.

Kehadirannya di unit pelayanan publik tersebut, karena menurutnya pengaduan masyarakat terkait pelayanan buruk oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) masih cukup banyak. "Masyarakat masih banyak mengeluhkan tentang lamanya…

Pangkas Organisasi Pemerintah Daerah yang Gemuk

Pangkas Organisasi Pemerintah Daerah yang Gemuk

SEMARANG - Untuk mengoptimalkan kinerja pemerintahan daerah serta dalam rangka memacu reformasi birokrasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, meminta jajaran pemerintah daerah untuk memangkas organisasi pemerintah daerah yang gemuk.

"Lakukan evaluasi dan pangkas organisasi yang gemuk. Salah satu penyebab besarnya belanja aparatur pemerintah daerah dikarenakan organisasinya over weight. Untuk urusan wajib yang terkait pelayanan dasar silahkan bentuk organisasinya sesuai kebutuhan, tapi untuk urusan pilihan benar-benar harus selektif," ujar Yuddy di Semarang. Jum'at (29/04).

Dicontohkan, untuk pemerintah kota yang tidak memiliki hutan, tidak perlu membentuk dinas kehutanan. "Kalau ada fungsi kehutanan, sebaiknya diintegrasikan…

Kunjungi Polresta Magelang, Yuddy : Negara Hadir Berikan Rasa Aman

 

MAGELANG - Maraknya kasus penembakan dengan senjata angin di Magelang Jawa Tengah, mendorongvMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengunjungi Polresta Magelang , di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah, Jumat (29/04).

Peristiwa yangvyerjafi dalam beberapa hari  terskhir sempat menyeruak ke permukaan dan banyak mendapat perhatian media massa. "Peristiwa penembakan kemarin menarik perhatian publik dan juga pemerintah pusat.Kasus ini menjadi semakin hangat setelah media massa lokal maupun nasional mengangkatnya menjadi pemberitaan," ujarnya.

Yuddy mengatakan kunjungannya ke Polresta Magelang sebagai salah satu bentuk jaminan kepada masyarakat. Negara hadir untuk memberikan rasa aman kepada…

Polisi Perlu Kedepankan Teknologi Baru

Polisi Perlu Kedepankan Teknologi Baru

 

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi menyalakan api sebagai lambang semangat di Akadami Kepolisian (AKPOL) Semarang, Jumat (29/04).

 

SEMARANG - Melihat pekerjaan polisi yang semakin kompleks, dan kejahatan-kejahatan yang semakin hari semakin canggih saja dalam melakukan aksinya. Oleh karena itu perlu adanya teknologi baru yang digunakan polisi kedepannya.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi dalam kuliah umum di Akademi Kepolisian (AKPOL), Semarang, Jumat (29/04). "Untuk dapat mengatasi problema yang semakin kompleks, Polri bisa merekrut orang-orang yang memiliki kemampuan untuk mengingat wajah dan tidak akan melupakannya, robot yang dikendalikan oleh manusia…

PIP Kota Semarang Patut Ditiru

PIP Kota Semarang Patut Ditiru

SEMARANG-Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, meminta kepada instansi pemerintah, khususnya pemerintah daerah, patut meniru pelayanan publik yang bagus dan mengembangkannya di daerah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Diah saat blusukan ke Kantor Pusat Informasi Publik Kota Semarang. Kamis (28/04). "Layanan dan keterbukaan informasi publik Pemkot Semarang sangat bagus dan ini patut ditiru oleh pemerintah daerah lainnya. Semua data bisa diakses termasuk alokasi APBD. Juga user friendly, mudah diakses," ungkapnya saat berkunjung ke PIP

Diah yang didampingi Wakil Walikota Semarang, Pengelola PIP, Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Komunikasi Sosial…