KemenPANRB Jelaskan Bahwa Senin 27 Maret 2017 Tidak Libur

KemenPANRB Jelaskan Bahwa Senin 27 Maret 2017 Tidak Libur

 

Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Rini Widyantini

JAKARTA– Menindaklanjuti banyaknya berita viral hoax yang mengabarkan bahwa hari Senin tanggal 27 Maret 2017 menjadi hari libur nasional atau cuti bersama, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini menjelaskan bahwa Pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) No. 684 Tahun 2016, No. 302 Tahun 2016, Nomor SKB/02/MENPAN-RB//11/2016 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2017. SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Menteri Agama Lukman…

Menteri PANRB Beri Penghargaan kepada 16 Polisi Inovatif

Menteri PANRB Beri Penghargaan kepada 16 Polisi Inovatif

 Menteri PANRB Asman Abnur , Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa,  bersama anggota Polisi penerima penghargaan. (Foto : byu)

 

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memberikan penghargaan kepada inovator pelayanan publik di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia di kantor Kementerian PANRB, Kamis (23/03). Penghargaan itu merupakan apresiasi dari  pemerintah, bukan hasil dari kompetisi,   tetapi harus lebih memotivasi jajaran kepolisian lain untuk terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Menteri mengatakan kalau polisi sudah berubah tentu akan mempengaruhi aparatur negara lainnya. “Kalau polisi…

Menteri Asman Minta Instansi Lain Tiru Kemenkumham, Pensiun dan THT PNS Transfer Otomatis

Menteri Asman Minta Instansi Lain Tiru Kemenkumham, Pensiun dan THT PNS Transfer Otomatis

 

JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM baru saja meluncurkan pelayanan pembayaran tabungan hari tua dan pensiun otomatis. Dengan adanya inovasi ini, penerima uang pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) tinggal duduk manis dan uang pun otomatis langsung ditransfer ke rekening yang bersangkutan.  Inovasi ini melengkapi terobosan yang sudah dilakukan sebelumnya, yaitu kenaikan pangkat dan penetapan pensiun secara otomatis.

Sebelumnya Kementerian Hukum dan HAM bersama BKN juga telah meluncurkan pelayanan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) melalui integrasi Aplikasi Simpeg Kementerian Hukum dan HAM dan SAPK Badan Kepegawaian Negara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur…

Menteri Puan : Dobrak Pelayanan Publik yang Tidak Optimal

Menteri Puan : Dobrak Pelayanan Publik yang Tidak Optimal

 

Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersama Menteri PANRB Asman Abnur dan jajaran pimpinan Kementerian PANRB, di sela acara Sosialisasi dan pencanangan gerakan Revolusi Mental dan Indonesia Melayani di Jakarta, Kamis (23/03)

 

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menyampaikan jika Gerakan Indonesia Melayani harus terus dilakukan secara perlahan tapi pasti. Karena diakuinya bukanlah hal yang mudah untuk membangun ASN yang memiliki jiwa melayani. Puan meminta pelayanan publik yang tidak optimal didobrak dan dirubah.

"Selama ini masyarakat menilai jika pemerintah tidak optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik, hal…

Ciptakan Pelayanan Publik yang Efektif dan Efisien di Seluruh Kantor Perwakilan RI di Negara-negara Sahabat

Ciptakan Pelayanan Publik yang Efektif dan Efisien di Seluruh Kantor Perwakilan RI di Negara-negara Sahabat

JAKARTA – Peningkatan kualitas pelayanan publik dilakukan pada seluruh lini instansi pemerintah, tidak hanya pelayanan di dalam negeri, namun akselerasi pelayanan publik juga dilaksanakan pada pelayanan pada kantor perwakilan RI di negara-negara sahabat.

Hari ini, (Kamis, 23/3) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur melaksanakan rapat kerja dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor KemenPANRB, Jakarta.

Dalam rapat ini, Menteri PANRB meminta agar seluruh pelayanan publik yang diselenggarakan di perwakilan RI (Kantor Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal) di luar negeri dapat diakses secara online oleh seluruh masyarakat yang memerlukan pelayanan seperti di…

Menteri Asman Dorong Gianyar Tiru Inovasi Polres Lain

Menteri Asman Dorong Gianyar Tiru  Inovasi Polres Lain

 

DENPASAR - Usai memberikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Bali Tahun 2017, Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menuju The Soekarno Center untuk memberikan kuliah umum sekaligus menerima medali jubileum dari Universitas Mahendradatta Bali.

Namun dalam perjalanan, Menteri Asman Abnur menyempatkan diri meninjau pelayanan publik di Polres Gianyar, Bali, Rabu (22/03). Sesampainya di Polres, Menteri Asman langsung menuju layanan pembuatan SKCK dan SIM. Menteri menilai masih banyak yang harus ditingkatkan terutama mengenai teknologi. "Kalau bicara modern banyak hal yang harus ditingkatkan. Karena sebagian besar belum berbasis IT," ujarnya.…

Partisipasi Masyarakat Kekuatan Utama Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik

Partisipasi Masyarakat Kekuatan Utama Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik

Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa mewakili Menetri PANRB membuka seminar internasional dan pameran inovasi pelayanan publik berbasis data terbuka di kantor Kementerian PANRB, Rabu (22/03)

 

JAKARTA  - Pengawasan dan partisipasi masyarakat merupakan kekuatan utama dalam memacu pelayanan publik untuk semakin berkualitas dan memperkokoh penerapan e-government pada setiap bidang penyelenggaraan pemerintahan. Dengan adanya kontrol dan partisipasi, masyarakat dapat mengakses dengan mudah data yang terkait dengan kepentingan publik, karena adanya keterbukaan data.

Demikian dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PANRB Asman Abnur yang diwakili Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa pada pembukaan seminar internasional dan pameran…

Musrenbang Provinsi Bali Tahun 2017, MenPANRB: Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Untuk Tekan Anggaran Pemda

Musrenbang Provinsi Bali Tahun 2017, MenPANRB: Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Untuk Tekan Anggaran Pemda

BALI – Dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur  yang pada hari sebelumnya memberikan paparan pada acara Musrenbang Provinsi Riau, hari ini (Rabu, 22/03) Menteri Asman memberikan arahan dalam Musrenbang  Provinsi Bali Tahun 2017 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali (Bappeda) Denpasar, Bali.

Pada kesempatan ini, Menteri Asman mengatakan bahwa keberhasilan dalam implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sangat berdampak pada efisiensi dalam penggunaan anggaran. "Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi tingkat efisiensi penggunaan anggaran," ujarnya di hadapan para pimpinan…

Menteri Asman Apresiasi Layanan Polisi Berbasis TI

Menteri Asman Apresiasi Layanan Polisi Berbasis TI

Menteri Asman berbincang-bincang dengan seorang warga yang tengah melakukan perpanjangan SIM secara online di Polresta Pekanbaru, Selasa (21/03)

 

PEKANBARU – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur tak mau menyia-nyiakan waktu saat melakukan kunjungan kerja.  Usai membuka membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa (21/03) Asman langsung mengunjungi Mapolresta Pekanbaru.

Kehadiran Menteri mendapat suguhan beberapa sistem aplikasi pelayanan publik berbasis IT dari Kepolisian, diantaranya e-Police, E-Tilang, e-TGF, SIM Online, SKCK Online dan Aplikasi Polisi Zapin yang sudah diresmikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 3 Maret 2017 lalu.

Seluruh aplikasi…

Kunci Sukses SAKIP, Kualitas Perencanaan Daerah Perlu Ditingkatkan

Kunci Sukses SAKIP, Kualitas Perencanaan Daerah Perlu Ditingkatkan

Menteri PANRB Asman Abnur saat memberikan pengarahan pada Musrenbang Pemprov Riau di Pekanbaru, Selasa (21/03)

 

PEKANBARU – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menekankan pentingnya perencanaan bagi pemerintah daerah. Banyaknya kabupaten/kota di wilayah Provinsi Riau yang nilai akuntabilitas kinerjanya belum baik, merupakan cerminan bahwa kualitas perencanaan di daerah ini perlu lebih ditingkatkan.

Demikian dikatakan oleh Menteri Asman saat membuka dan memberikan pengarahan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2017 di Pekanbaru, Riau, Selasa (21/03). Dikatakan, kunci utama suksesnya implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ada pada perencanaan.

Karena…

Berita Terkait

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : .
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24